get app
inews
Aa Read Next : Gelar Seminar Internasional, Fisip UPN Veteran Jakarta Bahas Kolaborasi ASEAN Perkuat SDGs

ASPIKOM Gelar Rakernas Sekaligus Luncurkan Direktori Program Studi

Minggu, 31 Oktober 2021 | 18:53 WIB
header img
ASPIKOM menyelenggarakan Rakernas di Purwokerto. (Foto: Dok ASPIKOM)

PURWOKERTO, iNews.id- Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengurus Pusat (PP) pada 28-30 Oktober 2021 di Purwokerto. Selain Rakernas PP, ASPIKOM juga meluncurkan buku direktori program studi anggota ASPIKOM.

Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto S Bekti Istiyanto mengatakan bahwa Fisip Unsoed bertindak sebagai tuan rumah penyelenggara. “Ada 40 pengurus yang ikut serta dalam Rakernas tersebut. Mereka berasal dari berbagai program studi Ilmu Komunikasi dari seluruh Indonesia,”jelas Bekti pada Minggu (31/10/2021).

Menurutnya, peserta tidak hanya luring, melainkan juga daring. Acara yang merupakan kerja sama antara ASPIKOM dan Jurusan Ilmu Komunikasi Unsoed ini membahas berbagai hal. “Di antaranya adalah program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), seperti halnya program pertukaran pelajar, magang, maupun program lainnya,”jelasnya.

Sementara Ketua Komunikasi Publik ASPIKOM Rahma Santhi Zinaida menambahkan pada Rakernas ASPIKOM kali ini, juga diluncurkan buku direktori program studi anggota ASPIKOM. “Dengan adanya buku direktori tersebut, diharapkan program studi anggota ASPIKOM dapat memanfaatkan jejaring yang ada untuk menjalin Kerjasama dengan program studi lain dalam implementasi MBKM khususnya pertukaran pelajar,”katanya.

Di dalam Rakernas, juga dibahas mengenai pentingnya fasilitas laboratorium dan pengelolaannya yang berbasis digital maupun aplikasi keanggotaan digital. “Ke depan ASPIKOM akan membuat direktori terkait dengan program magang sebagai implementasi MBKM yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia,”ungkapnya.

Selain itu, ASPIKOM merencanakan beraudiensi dengan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk dapat memaparkan berbagai program MBKM yang dicanangkan. Harapannya, bakal tercipta sinergi yang baik antara perguruan tinggi dengan pemerintah dalam implementasi program MBKM ini.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut