Logo Network
Network

Mendoan Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2021, Ini Kata Budayawan Banyumas

Aryo Rizqi
.
Senin, 01 November 2021 | 20:00 WIB
Mendoan Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia 2021, Ini Kata Budayawan Banyumas
Tempe mendoan merupakan makanan Khas Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. (Foto : Elde Joyosemito).

PURWOKERTO, iNews.id -Tempe Mendoan asal Kabupaten Banyumas ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda Indonesia dalam Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021 yang digelar Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi di Jakarta, 26-30 Oktober 2021. Lalu apa makna yang terkandung dalam tempe mendoan selain sebagai makanan.

Menurut Budayawan Ahmad Tohari mengatakan jika mendoan berasal dari akar kata mendo. Tempe mendoan, merupakan produk setengah jadi yang harus melalui dua kali penggorengan sebelum menjadi tempe kripik.

"Mendo artinya lembek, tidak keras, tapi juga dinisbatkan kepada suatu sikap atau mentalitas. Misalnya, orang berhati mendo itu artinya tidak kuat atau lemah," kata Tohari kepada wartawan, Senin (1/11/2021). 

Dia menjelaskan filosofi yang terkandung dalam tempe mendoan justru menjadi kaca benggala bagi warga Banyumas. "Orang Banyumas tidak dianjurkan bermental mendoan, walaupun memproduksi tempe mendoan. Mental mendoan itu tidak bagus, orang Banyumas sendiri tidak suka," katanya. 

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini