get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Pelaku Usaha Pasarkan Produk, Dinkes Purbalingga: Isi Iklan Tidak Boleh Menyesatkan!

Berapa Gaji Model Catwalk hingga Pemotretan Iklan?

Rabu, 27 Juli 2022 | 17:11 WIB
header img
Gaji Model Catwalk hingga Pemotretan Iklan (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Model Catwalk, mungkin sedikit terlintas beberapa waktu belakangan soal ramai anak muda Citayam Fashion Week yang memperagakan model Catwalk di spot paling viral di kawasan Dukuh Atas, Jakarta. Namun tahukah Anda berapa gaji model?

Gaji model biasanya bergantung pada industri yang dilakoninya, selain itu penghasilan untuk berbagai acara juga bervariasi. Gaji para model ini tentu sangat tergantung pada level, jam terbang, dan brand atau merek yang menggunakan jasanya.

Dalam catatan Forbes, 20 model dengan bayaran tertinggi untuk ajang New York Fashion Week bahkan totalnya mencapai USD154 juta atau setara dengan Rp2,2 triliun. IDXChannel merangkum gaji model untuk berbagai acara seperti berikut. 

Gaji Model Catwalk hingga Pemotretan Iklan?

Pada umumnya, ada beberapa jenis acara yang bisa mendapuk seorang model untuk melenggang memperkenalkan produknya. Untuk masing-masing acara ini besaran gaji yang didapatkan setiap model pun berbeda-beda.

Tak hanya dari jenis acaranya, seorang model juga akan digaji berdasarkan rentang atau levelnya. Beberapa acara yang dihadiri para model beserta perkiraan gajinya yang dilansir dari Pixpa antara lain sebagai berikut.

1. Runway Model (Catwalk)

Runway model atau model yang melenggang di atas catwalk merupakan pekerjaan model untuk memperkenalkan model pakaian desainer dalam acara-acara fashion tertentu. Para model ini mengenakan pakaian dari para desainer ternama dan mendemonstrasikan mode yang ingin diperkenalkan acara tersebut. Salah satu acara fashion ternama adalah Paris Fashion Week. 

Untuk beberapa model dalam acara seperti runway ini digaji dengan bayaran sekitar USD20 ribu atau sekitar Rp291 juta per pertunjukkan. Namun, nominal gaji acara semacam ini tentu sangat bergantung pada desainer masing-masing. 

Sementara itu, melansir dari Refinery29, untuk pertunjukkan sekelas New York Fashion Week, rata-rata gaji model berkisar antara USD800-1.000 atau setara dengan Rp11,6-14,5 juta per pertunjukkan untuk brand kelas internasional. Adapun untuk brand independen, bayaran modelnya berkisar USD300-1.500 atau setara dengan Rp4,3-21,8 juta per pertunjukkan.  

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut