get app
inews
Aa Read Next : Apa Itu Malam 1 Suro? Dianggap Keramat dan Sakral bagi Masyarakat Jawa

5 Pantangan Malam 1 Suro Bagi Masyarakat Jawa, Dipercaya Sebagai Hari Keramat

Jum'at, 29 Juli 2022 | 21:30 WIB
header img
Ilustrasi Pantangan Malam 1 Suro (Foto : Dede Kurniawan)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Berdasarkan kalender Jawa, malam 1 Suro bertepatan dengan Tahun Baru Islam 1 Muharram. Bahkan, masyarakat adat Jawa mempercayai jika malam 1 Suro sebagai hari yang sakral atau Keramat.

Pada kalender Jawa, malam satu Suro bertepatan dengan Tahun Baru Islam. Masyarakat dengan adat Jawa juga mempercayai jika malam satu Suro dianggap sebagai hari yang sakral atau keramat. 

Karena 1 Suro dianggap sakral dan keramat bagi masyarakat Jawa, sehingga banyak orang Jawa zaman dulu yang melakukan aktivitas atau ritual-ritual pembersihan benda pusaka. 

Selain itu, masyarakat Jawa percaya ada larangan atau pantangan yang harus dipatuhi pada malam satu Suro yang tak boleh dilanggar, supaya tidak tertimpa kesialan.

Berikut adalah larangan dan pantangan malam satu Suro yang telah dirangkum oleh celebrities.id dari berbagai sumber, Jumat (29/7/2022).

Pantangan Malam 1 Suro


Prosesi kebo bule sebelum diarak dalam Kirab Malam 1 Suro di Solo. (Foto: doc. Ahmad Antoni)
 
1. Acara Pernikahan

Mengadakan acara pernikahan pada bulan Suro dipercaya akan mengundang kesialan bagi keluarga pengantin dan bagi kedua mempelai.

Selain dari segi mistis, ada yang percaya bahwa hal ini dilakukan agar tidak menyaingi atau mengganggu proses ritual Keraton tertentu.

2. Hajatan

Pada bulan Suro terdapat larangan atau pantangan menyelenggarakan hajatan bagi orang Jawa. Termasuk di antaranya hajatan untuk pernikahan, sunatan, atau syukuran lainnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut