get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Pelari Ikuti Etawalin Dieng Run Lari Atas Awan 2023

Datang ke DCF 2022, Wajib Juga Nikmati Golden Sunrise yang Eksotik dengan Warna Keemasan di Dieng

Sabtu, 30 Juli 2022 | 09:53 WIB
header img
Golden sunrise yang terlihat dari Bukit Sikunir. (Foto iNewsPurwokerto.id/Elde Joyosemito)

Tapi, untuk menyaksikannya, para wisatawan harus terlebih dulu mendaki bukit setinggi 2.300 mdpl. Tidak hanya golden sunrise, wisatawan dapat pula menikmati keindahan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu hingga Gunung Merapi jika cuaca cerah.


Kawasan Candi Arjuna Dieng yang diselimuti kabut. (Foto iNewsPurwokerto.id/Elde Joyosemito)

2. Candi Arjuna

Kawasan Candi Arjuna merupakan candi terluas di Dieng. Kompleks Candi Arjuna mempunyai luas sekitar satu hektare. Ada lima bangunan candi, yakni Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, serta Candi Sembadra.

Kompleks Candi Arjuna menawarkan pemandangan indah karena dikelilingi dengan latar belakang perbukitan. Biasanya kompleks Candi Arjuna biasa digunakan ruwatan anak gimbal.

3. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang adalah salah satu objek wisata di Dieng. Wisatawan datang ke kawasan ini guna menyaksikan aktivitas vulkanik. Kawah yang masih menunjukkan aktivitas vulkanik memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.


Kawah Sikidang menjadi salah satu destinasi di Dieng. (Foto iNewsPurwokerto.id/Elde Joyosemito)

Kawah Sikidang tinggi akan kandungan sulfur atau belerang. Oleh karena itu, bau gas yang keluar sangat menyengat. Para wisatawan disarankan untuk menggunakan masker agar tidak keracunan gas.

4. Telaga Warna

Telaga Warna mempunyai pemandangan yang indah. Disebut Telaga Warna karena warna air danau dapat berubah-ubah ketika terkena pantulan sinar matahari. Hal ini disebabkan tingginya kandungan belerang pada air danau.


Wisata Telaga Warna. (Foto Istimewa)

Telaga Warna berada di ketinggian 2.000 mdpl serta dikelilingi panorama Gunung Prau. Pagi hingga siang hari adalah waktu yang ideal untuk mengunjungi kawasan ini. Jika sore hari, kabut umumnya akan turun dan menyelimuti telaga.

Sehingga, bagi wisatawan yang dingin berkunjung ke Dieng dipersilakan untuk mempersiapkan diri. Jangan lupa membawa jaket tebal, karena dipastikan suhu Dieng sejuk.
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut