Logo Network
Network

Ini Penjelasan Lengkap BMKG Terkait Gempa Magnitudo 8,7 dan Tsunami 10 Meter di Cilacap

Elde Joyosemito
.
Sabtu, 30 Juli 2022 | 11:45 WIB
Ini Penjelasan Lengkap BMKG Terkait Gempa Magnitudo 8,7 dan Tsunami 10 Meter di Cilacap
Ilustrasi perairan selatan Jawa Tengah. (Foto Istimewa)

CILACAP, iNewsPurwokerto.id- Ada prakiraan yang menyebutkan bahwa Cilacap yang berada di pesisir selatan bisa diterjang tsunami setinggi 10 meter. Tsunami disebabkan adanya gempa magnitudo 8,7. 

Berikut penjelasan lengkap BMKG terkait hal tersebut seperti penjelasan tertulis Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara, Jawa Tengah Setyoajie Prayoedhie.

“Kabupaten Cilacap merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah yang rawan bencana gempabumi dan tsunami. Secara geotektonik, terdapat zona subduksi, yaitu daerah pertemuan lempeng Indo-Australia yang masuk menyusup ke bawah lempeng Eurasia di utara. Akibat dari aktivitas di zona subduksi ini, berdasarkan kajian saintifik, ada 3 (tiga) segmen zona megathrust di selatan pulau jawa yang menyimpan akumulasi energi gempabumi terpicu bisa mencapai M 8,7,”jelasnya.  

Gempa bumi dan tsunami, lanjutnya, adalah peristiwa alam yang hingga saat ini belum dapat diprediksi kapan terjadinya. 

Potensi gempabumi dengan magnitudo 8.7 bukanlah prediksi, sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu. 

“Namun, kita masih memiliki waktu untuk menyiapkan diri dan menata mitigasi bencana sebaik mungkin. Upaya pengurangan resiko bencana melalui tahapan mitigasi yang tepat harus dilakukan sedini mungkin dan bersifat pentahelix agar kita dapat mengantisipasi segala dampak yang mungkin terjadi menuju target keselamatan infrastruktur dan minim korban jiwa (zero victim) di daerah terdampak,”kata dia.

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.