get app
inews
Aa Read Next : Sederet Bisnis Jerome Polin dan Jehian Panangian, Miliarder Muda di Usia 20-an

Sumber Kekayaan Otto Toto Sugiri, Miliarder Teknologi yang Dijuluki Bill Gates Indonesia

Sabtu, 30 Juli 2022 | 18:25 WIB
header img
Profil dan Kekayaan Otto Toto Sugiri, Crazy Rich Indonesia Sektor Teknologi. (Foto: Forbes)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Sumber kekayaan Otto Toto Sugiri melampaui Rp37,2 triliun (Rp14.861 per USD) hingga jadi perbincangan publik. 

Otto Toto Sugiri masuk dalam daftar 50 orang terkaya di Indonesia versi Forbes di akhir 2021 lalu. Dari data Forbes tersebut, Otto menempati urutan ke-19 orang terkaya di Indonesia dengan kekayaan bersih mencapai USD2,5 miliar.

Sumber Kekayaan Otto toto sugiri akan diulas untuk mengetahui dari mana sumber kekayaan Otto Toto Sugiri. Berikut bisnis dan pundi-pundi kekayaan sang miliarder seperti dilansir IDXChannel.

Sumber Kekayaan Otto Toto Sugiri


Intip Sumber Kekayaan Otto Toto Sugiri, Sang Bill Gates Indonesia. (Foto: DCI Indonesia)

Bagi Anda yang mengikuti perkembangan teknologi, terutama teknologi di Indonesia, Anda tentu sudah tak asing lagi dengan nama Otto Toto Sugiri. Ia merupakan salah satu pendiri sekaligus Presiden Direktur PT DCI Indonesia Tbk. Perusahaan yang bergerak di sektor teknologi ini menjadi pusat data terbesar di Indonesia yang menyediakan penyimpanan data server dan layanan ruang pusat data. 

Berdasarkan informasi Forbes, emiten berkode saham DCII ini lah yang menjadi sumber kekayaan Otto Toto Sugiri. Kekayaannya di bidang teknologi ini jugalah yang membuat Otto dijuluki sebagai Bill Gates-nya Indonesia. 

Sebelum memulai DCI Indonesia yang kini menjadi salah satu penyedia jasa penyimpanan data server atau hosting terbesar di Indonesia, Toto telah memulai bisnisnya di bidang teknologi sejak 1989. PT Sigma Cipta Caraka menjadi perusahaan pertama yang memberikan sumbangsih terhadap harta kekayaannya saat ini. 

Perusahaan perangkat lunak rumahan paling awal di Indonesia ini didirikan pada 1989. Di tangan Otto Toto Sugiri, perusahaan ini berhasil menjadi perusahaan dengan penjualan terbesar mengalahkan persaingan penyedia perangkat lunak impor. 

Setelah berkembang pesat, PT Sigma Cipta Caraka pun diakuisisi PT Telkom Indonesia (TLKM) pada 2010. Perusahaan ini berganti nama menjadi Telkom Sigma. Pada tahun 1994, Toto Sugiri juga mendirikan Indonet, sebuah penyedia layanan internet pertama di Indonesia, yang go public pada Februari 2021 lalu.

Hingga akhirnya pada 2011, Toto bersama enam pendiri lainnya mendirikan PT DCI Indonesia (DCII). Menurut catatan Forbes, perusahaan ini menjadi pusat data terbesar yang menyediakan lebih dari setengah kapasitas lokal di Indonesia. Perusahaan ini terus berkembang pesat. Bahkan, saham DCII sempat meroket pada sejak listing pada Januari 2021 lalu hingga menyentuh angka Rp59.000. 

Tak heran jika kini, Otto Toto Sugiri berhasil menjadi miliarder dengan kekayaan mencapai Rp37,2 miliar dan menjadi salah satu crazy rich RI. Kekayaan yang didapatkannya ini tentu saja merupakan buah dari usaha dan kerja kerasnya yang terus berinovasi untuk kemajuan teknologi Indonesia. 

Chief Operating Officer (COO) perusahaan Dattabot, Tom Malik pun menjuluki pemegang gelar Master of Science in Engineering dari Universitas Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule Aachen, Jerman tersebut sebagai “Bill Gates” Indonesia. 

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut