Dedi Mulyadi Kantongi Rp300 Juta Setiap Bulan dari Youtube, Ini Sumber Kekayaannya

Tim iNews.id
.
Rabu, 02 Februari 2022 | 20:40 WIB
Anggota DPR RI Dedi Mulyadi. (Foto: ISTIMEWA)

JAKARTA, iNews.id - Sumber kekayaan Dedi Mulyadi seringkali menjadi sorotan. Sebagai salah satu politisi muda dan sukses dengan penampilannya yang sederhana, Deddy Mulyadi diketahui memiliki koleksi mobil mewah dan aset miliaran rupiah.

Dedi Mulyadi yang membangun karir politiknya dari organisasi kemahasiswaan, hingga serikat pekerja. Politisi kelahiran Subang, 11 April 1971 itu, merupakan lulusan Fakultas Hukum Universitas Purwakarta.

Selama kuliah, Dedi Mulyadi dikenal aktif di berbagai kegiatan dan organisasi, termasuk Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Berbekal pengalaman organisasi dan ilmu hukumnya, Dedi Mulyadi terjun ke organisasi serikat pekerja hingga dipercaya menjadi Sekretaris Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI). 

Kariernya sebagai politisi dimulai ketika menjadi kader Partai Golkar dan terpilih menjadi Wakil Sekjen DPD Golkar Jawa Barat, pada 1998. Dia kemudian maju dan terpilih menjadi anggota DPRD Purwakarta periode 1999-2004 dan dipercaya sebagai ketua Komisi E. 

Pada 2003, dedi Mulyadi memutuskan maju ke pemilihan kepala daerah (Pilkada) Purwakarta dan terpilih menjadi Wakil Bupati Purwakarta periode 2003-2008. Hal itu sekaligus membuatnya menjadi wakil bupati termuda di usia 32 tahun. 

Dalam Pilkada Purwakarta 2008, Dedi Mulyadi maju dan terpilih menjadi Bupati Purwakarta periode 2008-2013. Dia kembali terpilih untuk kedua kalinya memimpin Kabupaten Purwakarta pada periode 2013-2018.

Selama menjadi bupati, Dedi Mulyadi dikenal membuat sejumlah terobosan melalui peraturan daerah yang menitikberatkan pendekatan budaya dan seni. Pada 2018, dia sempat maju untuk Pilkada Jawa Barat sebagai calon wakil Gubernur mendampingi Deddy Miswar, namun gagal. 

Meski demikian, karier politiknya berlanjut ketika maju dalam Pemilu 2019. Dedi Mulyadi terpilih menjadi anggota DPR periode 2019-2024 dari daerah pemilihan Kabupaten Purwakarta. Dia kemudian dipercaya menjadi Wakil ketua Komisi IV DPR. 

Selain penghasilannya di karir politik, ada juga sumber kekayaan Dedi Mulyadi yang jarang diketahui publik. Berikut sumber kekayaan Dedi Mulyadi yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber: 

1. Anggota DPR

Sebagai anggota DPR, Dedi Mulyadi diperkirakan mengantongi penghasilan (gaji dan tunjangan) antara Rp75 juta hingga Rp100 juta per bulan. Bahkan penghasilannya diperkirakan lebih tinggi, mengingat posisinya sebagai Wakil Ketua Komisi IV DPR.

2. Channel YouTube

Selain penghasilan dari anggota DPR, sumber kekayaan Dedi Mulyadi juga berasal dari Channel YouTube pribadinya, Kang Dedi Mulyadi Channel, yang telah di subscribe 2,64 juta netizen. 

Berdasarkan data sosialblade.com, Dedi Mulyadi diperkirakan mengantongi pendapatan sebanyak Rp300 juta setiap bulan dari monetasi saluran YouTube pribadinya.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini