get app
inews
Aa Read Next : Beasiswa Aperti BUMN 2024 Dibuka, Berikut 7 Universitas dan Syarat Daftar

Keren, Pengolah Limbah Batik Karya Mahasiswa Fakultas Biologi Unsoed Juara di Turki

Kamis, 04 November 2021 | 09:09 WIB
header img
Tim mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berhasil menjadi juara ajang internasional di Istanbul. (Foto: Dok Fabio Unsoed)

PURWOKERTO, iNews.id- Tim mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto berhasil menjadi juara ajang internasional di 6th Istanbul International Inventions Fair’21.

Dua penghargaan yang diraih yaitu best invention medal dan best international award. 

Raihan prestasi yang prestisius itu berkat inovasi peralatan pengolah limbah batik. Nama alatnya disebut  MY-ZEO : Mycoremediation and Zeolit Filter with Sensor for Textile and Batik Wastewater Treatment. 

Tim Fakultas Biologi Unsoed Purwokerto adalah Putri Ramadani, Yasinta Nida Arroyan, Wafa Nur Azizah, dari Fakultas Biologi dan Febriansyah Dwi Putra dari Fakultas Teknik  dengan Pembimbing Ratna Stia Dewi.

Putri mengungkapkan bahwa kompetisi di Turki ini menjadi pengalaman yang sangat berharga.  “Kami dapat ertemu dengan peserta dari berbagai negara termasuk peserta dari kampus kampus ternama lainnya dari Indonesia,” ungkapnya.

Dia berharap hal ini dapat meningkatkan semangat lagi dalam mengukir prestasi dan dapat pula menjadi inspirasi bagi teman-teman yang lain.

”Pada saat pengumuman awalnya sempat tidak percaya, kebetulan juga pengumumannya menggunakan Bahasa Turky jadi kami baru sadar saat diberitahu oleh teman dari turkey menggunakan Bahasa Inggris, rasanya kaget, senang, campur aduk menjadi yang terbaik sekaligus dapat best invention awards,”katanya.

MY-ZEO merupakan produk inovasi berupa alat pengolah limbah khususnya limbah pewarna tekstil dan batik  berbasis mikroorganisme jamur.

Peralatan itu memanfaatkan bahan biologis berupa teknobiologi mikroorganisme jamur dan bahan alam sebagai filtrasi yang digerakkan dengan menggunakan motor listrik.

MY-ZEO dapat memulihkan kandungan bahan pencemar lingkungan dalam air limbah batik menjadi lebih ramah lingkungan.

Selain warna, alat ini dapat memulihkan Total suspended Solid (TSS), Khrom total, Ammonia Bebas, Fenol, dan pH, sehingga sesuai dengan nilai baku mutu.

Limbah industri diantaranya limbah batik menjadi permasalahan yang belum dapat ditangani optimal.

Pengadaan alat pengolah limbah dengan harga tinggi menjadi kendala utama para pelaku home industry batik.

MY-ZEO dapat menjadi salah satu upaya solusinya, dengan bahan dasar alami yang dapat diproduksi berkelanjutan dapat dimanfaatkan dengan nominal yang lebih ekonomis.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut