get app
inews
Aa Read Next : Ini Link Streaming Timnas Indonesia Lawan Australia Kamis Malam Ini 

Indonesia jadi Negara Asia Pertama yang Ikut Piala Dunia Tahun 1938 di Prancis, Ini Sejarahnya

Selasa, 02 Agustus 2022 | 21:02 WIB
header img
Indonesia jadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia pada tahun 1938 di Perancis. (Foto: AFC)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Indonesia jadi negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia pada tahun 1938 di Perancis. Bahkan dari sejarah tersebut, FIFA secara resmi mengakui bahwa Indonesia adalah negara Asia pertama mengikuti Piala Dunia. 

Jika berbicara tentang negara Asia yang pertama kali mengikuti Piala Dunia, sebagian orang mungkin masih akan terbersit nama Jepang atau Korea Selatan. Hal tersebut lantaran perkembangan sepak bola di kedua negara Asia Timur itu memang sangat maju dan sering pentas di Piala dunia.

Namun, anggapan tersebut sama-sekali keliru, lantaran Korea baru tampil di Piala Dunia pada 1954. Sedangkan Jepang yang yang dianggap sebagai kiblat sepak bola Asia justru baru pertama kali mengikuti Piala Dunia pada 1998 yang digelar di Prancis.

FIFA secara resmi telah mengakui bahwa Indonesia adalah negara Asia pertama mengikuti Piala Dunia. 

Indonesia jadi Negara Asia Pertama yang Ikut Piala Dunia

Dikutip iNews.id dari laman resmi FIFA, Selasa (2/8/2022), Timnas Indonesia pernah ikut turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia, tepatnya pada Piala Dunia tahun 1938 di Prancis. Pada gelaran Piala Dunia ke-3 tersebut, Timnas Indonesia tentunya masih bernama Hindia Belanda.

Debut Hindia Belanda di turnamen empat tahunan itu terjadi pada tanggal 5 Juni 1938 di Reims, Prancis. Saat itu, tim yang menjadi buyut Timnas Indonesia menghadapi Hungaria.

Selain Hindia Belanda, Jepang sebenarnya menjadi tim Asia lainnya yang sempat mendaftar untuk kualifikasi Piala Dunia. Namun karena Jepang mundur, Hindia Belanda menjadi satu-satunya tim wakil Asia di ajang tersebut.

Sejarah FIFA mencatat, saat itu ada dua asosiasi sepak bola di Hindia Belanda. Satu adalah untuk pemain Belanda dan satunya lagi untuk pemain lokal. 

Akhirnya dilakukan seleksi pemain dari kedua federasi sebelum melakukan perjalanan ke Eropa. Hal itu sebenarnya tidak berjalan mulus karena sejumlah pemain lokal menolak bermain untuk penguasa kolonial.

Sayangnya, Hindia Belanda saat terpaksa mengakui keunggulan Hungaria dengan skor telak 0-6. Hal itu tak lain adalah minimnya pengalaman Timnas menghadapi tim-tim kuat Eropa.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut