5 Artis Kolektor Barang Antik dan Kuno, Ada yang Berusia Ratusan Tahun

Mohammad Yan Yusuf/NET Purwokerto
.
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 20:57 WIB
Artis jadi kolektor barang antik dan kuno, Ada yang berusia ratusan tahun (Foto : MNC Media)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Artis kolektor barang antik dan kuno pasti membuat Anda tercengang. Pasalnya selain barang antik dan kuno itu bernilai tinggi, ada pula yang telah memiliki usia ratusan tahun.

Barang-barang yang ada di kehidupan manusia pasti akan mengalami perubahan seiring perkembangan zaman. Akhirnya benda yang antik dan kuno ini bisa beralih fungsi menjadi pajangan di rumah ataupun museum karena sudah tergantikan dengan barang yang lebih baru dan canggih.

Beberapa artis menjadi kolektor barang antik dan kuno yang memiliki nilai jual yang tinggi dan mahal.

Artis Kolektor Barang Antik

Lantas siapa saja artis yang menjadi kolektor barang antik dan kuno? Berikut ulasan yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber.

1. Ahmad Dhani 

Siapa yang tidak tau dengan Ahmad Dhani yang gemar memiliki koleksi unik mengumpulkan barang antik dan kuno ini. 

Melalui kanal YouTube Atta Halilintar, Ahmad Dhani pernah memperlihatkan koleksi barang antiknya. 

Bahkan beberapa barang antik koleksi Ahmad Dhani itu terdiri dari barang antik Jawa, zaman kolonial, dan peranakan Tionghoa seperti meja kayu klasik, foto Bung Karno, foto Pakubuwono X, foto kota Mekkah tahun 1800-an, lukisan litografi, ukiran tulisan Tionghoa, dan kursi antik Jawa. 

Selain itu, Ahmad Dhani juga mengoleksi alat musik, topeng, furniture dari jati, hingga kostum perang. 

Bahkan bisa dikatakan rumah Ahmad Dhani ini sudah terlihat seperti museum barang antik. Ia bahkan memiliki ruangan khusus untuk menyimpan benda-benda antik tersebut. Ruangan itu didesain dengan pencahayaan yang minim sehingga terlihat jadul atau tradisional. 

2. Irfan Hakim 

Artis yang menjadi kolektor barang antik dan kuno selanjutnya yaitu Irfan Hakim. Lewat rumah dengan konsep modern dan tradisional, dengan desain bangunan seperti rumah joglo khas Jawa. 

Selain bangunannya yang unik, Irfan juga menghias rumah ini dengan koleksi barang antik seperti pajangan antik berupa radio dan pemutar vinyl klasik. 

Koleksi barang antik Irfan Hakim lainnya yang juga menghiasi rumah tersebut adalah lukisan-lukisan kuno. Lukisan ini menambah kental kesan adat Jawa. 

Irfan Hakim mengoleksi pula barang-barang jadul berbahan kayu dengan beberapa lampu hias yang antik. Ia diketahui suka mengoleksi barang antik yang memiliki banyak nilai guna. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini