get app
inews
Aa
Read Next : Rektor UMP Serukan Anak Muda Jangan Golput, Ada Harapan Masyarakat Indonesia Timur

Suka Menyelam? Ini Dia Rekomendasi Spot Diving Tercantik di Indonesia

Kamis, 10 Juni 2021 | 11:50 WIB
header img
Spot diving terindah (Foto: Instagram@Divetrips)

JAKARTA, iNews.id- Pemandangan bawah laut di Indonesia terkenal memiliki keunikan. Tidak hanya pantai yang eksotis, jika mengeksplorasi bawah lautnya, Anda dapat menemukan berbagai biota laut yang beraneka ragam. Terumbu karang, rerumputan laut, hingga berbagai macam jenis ikan menghiasi di dalamnya.

Tak jarang wisatawan mancanegara sengaja datang ke Indonesia, hanya untuk menyelam atau mencari lokasi diving terbaik. Melihat kekayaan laut Nusantara yang belum tentu negara lain memilikinya.  

Ingin tahu di mana saja pemandangan bawah laut di Indonesia yang terkenal eksotis? Berikut ini lima spot diving terbaik di Indonesia. Bahkan sampai masuk ke dalam Majalah selam bergengsi asal Inggris, Dive Magazine yang menyebutkan, Indonesia sebagai spot terbaik untuk menyelam. 

1. Wakatobi 

Salah satu spot diving terbaik berada di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Ada lebih dari 750 spesies karang, dan 942 jenis ikan. Wakatobi memiliki jumlah spesies terumbu karang dan ikan tertinggi yang pernah tercatat. 

Perwira AL Prancis, oseanografer, dan peneliti serta anggota Academie Francaise, Jacques Cousteau menyatakan Wakatobi merupakan tempat menyelam terbaik di dunia. 

2. Kepulauan Alor 

Sedikitnya ada lebih dari 20 titik selam di Kepulauan Alor, termasuk Half Moon Bay, Baruna’s Point, Trip Top, dan berbagai diving spot terbaik lainnya. 

Jika Anda menyelam di kawasan Kepulauan Alor, Toppers bisa menemukan biota-biota laut yang menakjubkan seperti hiu karang, penyu yang hingga berbagai spesies terumbu karang nan indah yang hidup di perairan Alor. 

Berlokasi di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara. Luas wilayahnya 2.119 km², dan titik tertingginya 1.839 m. Pulau ini dibatasi oleh Laut Flores dan Laut Banda di sebelah utara, Selat Ombai di selatan (memisahkan dengan Pulau Timor), serta Selat Pantar di barat (memisahkan dengan Pulau Pantar. 

Pulau Alor adalah satu dari 92 pulau terluar Indonesia karena berbatasan langsung dengan Timor Leste di sebelah selatan. 

3. Pulau Komodo 

Pulau Komodo dikenal dengan Pulau Padar, merupakan Taman Nasional Komodo atau habitat kadal raksasa purba yang hingga saat ini masih hidup di dunia.

Tak hanya itu, Anda juga bisa melihat kecantikan bawah lautnya dengan cara menyelam, snorkeling atau diving.

Terdapat beberapa titik selam di Pulau Komodo. Seperti Pantai Merah, Batu Bolong, Batu Tiga, Manta’s Point, dan juga Tatawa Besar yang menjadi beberapa pilihan diving spot favorit para wisatawan yang mengunjungi tempat ini.

4. Kepulauan Derawan

Berlokasi di Kalimantan Timur, terdapat 31 gugusan kepulauan yang indah. Serta, Derawan merupakan rumahnya aneka biota laut langka yang cantik dan menarik. Inilah yang membuat Kepulauan Derawan menjadi spot terbaik untuk diving.

Terdapat beberapa rekomendasi tempat diving favorit di kawasan Derawan, antara lain Pulau Maratua, Pulau Sangalaki, dan juga Pulau Kakaban yang dikenal akan keberadaan ubur-ubur yang tak menyengat.

5. Raja Ampat

Kemolekan Raja Ampat memang sudah tidak diragukan lagi. Pemandangannya lebih dari indah, banyak spot menarik yang bisa dijelajahi. Misalnya bagi pencinta olahraga air, bisa menelusuri bagian perairan di kawasan ini.

Memiliki pantai yang belum terjamah dipadukan dengan suasana asri, dan dihiasi dengan air jernih yang menawarkan pemandangan yang indah untuk melihat beraneka warna terumbu karang serta penampakan ikan pari, hiu, kura-kura, dan ubur-ubur.

Di bagian utara Raja Ampat, Anda dapat mengunjungi Pulau Misool yang berbatasan langsung dengan Laut Seram. Letaknya cukup jauh dari pusat Raja Ampat, Misool memiliki sejuta pesona yang mungkin tidak Anda jumpai di tempat lain.

Ada banyak titik penyelaman atau dive spot yang bisa Anda jelajahi. Satu di antaranya adalah Boo Window yang terumbu karangnya membentuk jendela bulat. 


 

Editor : Bayu Sasongko

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut