get app
inews
Aa
Read Next : 10 Film Perjuangan untuk Nonton Bareng di Malam Menjelang HUT RI

10 Kuliner Nusantara yang Cocok untuk Perayaan HUT Ke-77 RI

Minggu, 07 Agustus 2022 | 16:21 WIB
header img
Tumpeng Merah Putih (Cookpad)

JAKARTA, iNewsPurwokerti.id - Kuliner Nusantara sering disajikan untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Makanan-makanan khas Nusantara yang begitu banyak jenisnya itu merupakan salah satu kekayaan dan kebanggaan Tanah Air.

Beranjak ke usia 77 tahun Indonesia merdeka pada 17 Agustus 2022, ada beberapa kuliner yang dapat sajian khas pada Hari Kemerdekaan.

Berikut sajian 10 makanan asli Indonesia yang identik dengan 17 Agustus untuk.enyambut HUT Ke-77 RI, seperti diulas Okezone.

1. Tumpeng Merah Putih

Biasanya warna tumpeng adalah kuning, bentuknya mengerucut, serta dilengkapi lauk pauk yang lezat seperti ayam goreng atau bakar, tempe, tahu, sambal hingga aneka lalapan.

Namun di HUT RI hidangan ini cukup berbeda, yaitu bewarna merah putih yang identik dengan hari kemerdekaan Indonesia. Warna merah yang dihasilkan dari beras merah, sementara untuk putih dari beras biasa.

Kemudian untuk lauk pauknya pun hampir sama. Disantap bersama dii momen yang sangat bersejarah itu.

2. Bubur Merah Putih

Saat 17 Agustusan, sebagian rumah-rumah akan menyediakan bubur merah putih sebagai makanan spesialnya. Di mana rasanya cenderung manis dan juga gurih.

Warna merah yang dihasilkan dari bubur ini, yaitu berasal dari gula merah. Sementara warna putihnya, terbuat dari santan kelapa yang dikentalkan.

Selain rasanya enak, bubur merah putih ini juga cukup mengenyangkan lho. Apalagi dijadikan menu sarapan di pagi hari, sebelum upacara kemerdekaan.

3. Kerupuk

Kerupuk juga sangat identik dengan HUT RI. Camilan pendamping makanan ini, juga kerap dijadikan ajang lomba makan kerupuk. Di mana para pesertanya akan mencoba menghabiskannya dengan cara yang cukup sulit.

Peserta lomba makan kerupuk ini, tangannya akan diikat kebelakang, sementara kerupuk akan digantung dengan jarak yang cukup tinggi. Bagi siapa saja yang berhasil berjuang menghabiskannya, maka dialah pemenangnya.

4. Klepon

Selanjutnya adalah klepon, jajanan pasar atau masuk kue tradisional ini juga jadi kuliner khas saat HUT RI, lho.

Makanan enak ini terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk seperti bola-bola kecil dan diisi dengan gula merah lalu direbus dalam air mendidih.

Jika biasanya klepon yang ditemui bewarna hijau, namun saat HUT Kemerdekaan RI warnanya akan berubah menjadi merah. Meski begitu, rasanya akan tetap sama dan enak.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut