3 Alasan Kian Meningkatnya Janda Muda, No.2 Pemicunya Orang Ketiga

Destriana Indria Pamungkas
.
Minggu, 07 Agustus 2022 | 20:30 WIB
Janda muda yang malah tertawa usai bercerai. (Foto Tangkapan Layar Video)

TERNYATA ada setidaknya tiga alasan, kenapa jumlah janda muda di Indonesia semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Ada dua penyebab di mana seorang perempuan menjadi janda muda. Pertama adalah ditinggal suami meninggal. Kedua, adalah bercerai.

Padahal, rumah tangga utuh memang butuh kesabaran, saling memahami dan mencintai. Dalam sebuah hubungan pernikahan, pasti ada rintangan-rintangan yang harus dilalui.

Tak jarang banyak yang tak bisa melewati rintangan tersebut hingga akhirnya memutuskan untuk bercerai. Biasanya ini dialami oleh pasangan yang belum matang secara emosional, misalnya pernikahan dini atau masih terlalu muda.

Tahun 2021, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan angka perceraian di Indonesia naik 53 persen pada 2021 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Lalu, apa yang mendasari kasus perceraian hingga menambah banyak janda muda?

Dari rangkuman MPI, paling tidak ada tiga faktor penyebabnya. 

1. Terlilit Soal Ekonomi

Ternyata lilitan ekonomi menjadi salah satu penyebabnya. Karena itu, maka kestabilan ekonomi haruslah menjadi salah satu yang dipertimbangkan pada saat memutuskan untuk menikah. Sebab, banyak perceraian yang terjadi karena ekonomi keluarga yang belum stabil.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini