get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Apakah Kebakaran di Kilang Cilacap Akibat Petir? Ini Penjelasan Pertamina

Sabtu, 12 Juni 2021 | 07:02 WIB
header img
Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan pada jumpa pers Sabtu (12/6/2021) dinihari. (Foto: Elde Joyosemito)

CILACAP, iNews.id- Kebakaran yang terjadi di kompleks kilang minyak milik Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap pada Jumat (11/6/2021) malam berhasil dikendalikan. Muncul spekulasi, kalau kebakaran yang terjadi di salah satu tangki benzene akibat tersambar petir. Benarkah?

“Sampai sekarang, kami belum dapat memastikan apakah kebakaran yang terjadi di tangki benzene akibat petir. Namun, pada saat peristiwa terjadi, memang di Cilacap tengah dilanda hujan deras dengan petir yang menyambar. Tetapi, sekali lagi belum dapat dipastikan apakah kebakaran tersebut akibat petir,”kata Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan pada jumpa pers Sabtu (12/6/2021) dinihari.

Sebelumnya, ia menjelaskan bahwa peristiwa kebakaran kilang terjadi di tangki 205 di Area 39. Kejadian kebakaran pada jam 19.45 WIB pada saat terjadi hujan deras yang disertai dengan petir.

Sebelumnya, Hatim mengatakan bahwa pemadaman dilakukan dengan menggunakan penyemprotan foam ke arah titik api. Sejumlah 50 tenaga pemadam diturunkan untuk menangani kebakaran. “Seluruh anggota tim bekerja keras untuk melaksanakan pemadaman. Api berhasil dikendalikan sekitar sejam sejak kebakaran terjadi,”katanya.

Hatim menyatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatirkan pasokan BBM. Sebab, yang terbakar adalah tangki yang berisi benzene. Sehingga hal itu tidak akan mengganggu pasokan BBM maupun elpiji kepada masyarakat. “Masyarakat tidak perlu khawatir karena yang terbakar bukan tangki BBM atau elpiji,”jelasnya.

Dia menambahkan benzene merupakan bahan dasar pembuat petrochemical. Untuk produksi BBM dan elpiji juga tidak ada masalah.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut