get app
inews
Aa Read Next : Mulai 1 Mei Proses Boarding KA di Area Skybridge dan Pintu Barat Stasiun, Ini Infonya

12 Destinasi Wisata Bernuansa Alam di Purwokerto, Pas untuk Melepas Penat

Jum'at, 12 November 2021 | 18:40 WIB
header img
Kawasan wisata alam hutan pinus Limpakuwus. (Foto: Elde Joyosemito)

PURWOKERTO, iNews.id - Berkunjung ke Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah belum lengkap rasanya jika Anda belum menuju ke destinasi-destinasi wisata bernuansa alam. Salah satunya Baturaden, dengan menempuh jarak sekitar 18,5 kilometer atau sekitar satu jam dari Kota Purwokerto, terdapat berbagai macam tempat wisata bernuansa alam yang cukup menarik di Kota mendoan ini.

Tepat berada di kaki Gunung Slamet, suasana sejuk dan asri hutan pinus menambah betah suasana setelah penat bekerja selama sepekan. Kira-kira tempat wisata apa saja yang terdapat Kota Purwokerto?, berikut 12 destinasi wisata bernuansa alam pelepas penat yang dirangkum iNews Purwokerto, Jumat (12/11/2021).

1. Lokawisata Baturraden


Kawasan wisata Baturraden yang tetap perketat protokol kesehatan. (Foto: Elde Joyosemito)

Lokawisata yang satu ini paling wajib dikujungi saat liburan atau saat hari-hari biasa bersama keluarga, karena di dalam lokawisata Baturraden yang berada di Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas ini terdapat berbagai fasilitas yang dapat dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dengan dipadukan suasana alam sekitar yang sejuk, destinasi wisata yang satu ini paling populer dikunjungi warga Purwokerto saat hari libur maupun hari biasa.

2. Kebun Raya Baturraden

Kebun Raya Baturraden berada di jalan yang akan menuju objek wisata Pancuran Tujuh atau Pancuran Pitu Batturaden. Di area Kebun Raya Baturraden ini pengunjung dapat menikmati nuansa alam sekitar, dengan rimbunnya pepohonan serta pemandangan yang sangat indah dan rapi menjadikan lokasi tersebut sangat cocok sebagai latar berswafoto bersama keluarga

Kebun seluas 14,4 hektar ini mengoleksi berbagai macam jenis flora yang dijaga kelestariannya. Tanaman dikelompokkan dalam nama taman berdasarkan jenisnya seperti Taman Obat, Taman Liana, Taman Paku, Taman Flora of Java dan lainnya. 

Hingga saat ini Kebun Raya Baturaden mengkoleksi 2215 spesimen, 722 spesies, 446 magra, dan 127 suku tanaman. Tempat ini juga sangat cocok dijadikan sebagai tempat belajar, penelitian akan jenis jenis tanaman serta piknik keluarga.

3. Desa Wisata Ketenger

Desa Wisata Ketenger salah satu destinasi wisata yang tidak boleh ditinggalkan saat berada di Baturraden. Di Dusun Kalipagu, Desa Ketenger ini memiliki suasana alam yang sangat nyaman berupa curug gede dan curug kembar. Di Desa ini pengunjung dapat menikmati hiburan kesenian seperti wayang kulit Banyumasan, lengger calung, begalan, siteran, ebeg atau kuda lumping.

Nah selain kesenian dan wisata alamnya, pengunjung juga dapat menyusuri jejak sejarah peninggalan Belanda, seperti waduk Ketenger dan rel kereta lori yang tiang jembatannya masih beridiri kokoh, meskipun relnya sudah tidak ada, melintasi desa.

Sebagai pelengkap wisata ke Desa Wisata Ketenger, anda dapat menikmati kuliner khas Banyumas, seperti tempe mendoan, pecel, nopia dan air badeg kelapa.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut