get app
inews
Aa
Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

JPZIS dan UPZIS Telah Terbentuk di Purwokerto Barat

Sabtu, 13 November 2021 | 14:53 WIB
header img
Jaringan Pengelola Zakat Infaq dan  Shadaqah (JPZIS) dan Jaringan Pengelola Zakat Infaq dan  Shadaqah (UPZIS) telah terbentuk secara resmi di Kecamatan Purwokerto Barat, Banyumas.

PURWOKERTO, iNews.id- Jaringan Pengelola Zakat Infaq dan  Shadaqah (JPZIS) dan Jaringan Pengelola Zakat Infaq dan  Shadaqah (UPZIS) telah terbentuk secara resmi di Kecamatan Purwokerto Barat, Banyumas.

JPZIS dan UPZIS telah mendapatkan SK dan izin operasional pada 22 Oktober 2021 bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional. Sementara untuk soft launching-nya telah dilaksanakan pada 27 Oktober 2021 lalu.

Penasihat JPZIS dan UPZIS Kecamatan Purwokerto Barat, Djarmanto, mengatakan bahwa kedua lembaga memiliki legalitas resmi sesuai perundang-undangan yang mengatur Lembaga Amil Zakat (LAZ). “Kedua lembaga yang terbentuk ini merupakan kepanjangan tangan dari PC LAZISNU Banyumas,”jelasnya pada Minggu (13/11/2021).

Menurut Djarmanto, JPZIS dan UPZIS menerima SK dan izin operasional dari Ketua PC LAZISNU Banyumas Prof Dr KH Ridwan MAg. Penyerahan diberikan kepada JPZIS BERES ( Berkah Remen Silaturtahmi) NU CARE LAZISNU. 

“JPZIS dan UPZIS mengemban amanah wajib untuk menjalankan visi dan misi LAZISNU. Ada empat pilar program NU CARE LAZISNU  yakni pendidikan, kesehatan, siaga bencana dan ekonomi. Semuanya sebagai bentuk ikhtiar syiar percepatan kemaslahatan umat, kemandirian warga, kepekaan sosial kemanusiaan, membantu anak yatim piatu, dhuafa, lansia sakit menahun  dan lainnya,”jelas Djarmanto.

Dia mengatakan bahwa kebersamaan dalam pembentukan JPZIS dan UPZIS bisa terealisasi karena bentuk dukungan dari tokoh agama dari unsur NU dan tokoh masyarakat mulai RTY, RW, kelurahan sampai Kecamatan Purwokerto Barat. “Semuanya bersinergi dan guyub ruun dalam menjalankan tugasnya masing-masing,”katanya.

Pada pekan lalu, tepatnya 5 November 2021, telah dilaksanakan pembagian sembako di Kelurahan Rejasari, Kecamatan Purwokerto Barat. “Para penerima adalah kaum dhuafa, janda, anak yatim dan lansia sakit menahun. Kami juga membuka zakat, infaq dan shadaqah melalui PZIS Beres NU Care LazisNU Purwokerto Barat dengan (Bank Syariah Indonesia) No. Rek : 26 0006 0007 , An. JPZIS Beres Purwokerto Barat, Banyumas,”tambahnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut