get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Mengintip Sumur Jalatunda di Dataran Tinggi Dieng, Disebut Terbesar di Dunia

Kamis, 01 September 2022 | 19:36 WIB
header img
Menjelajahi Sumur Jalatunda di Dieng (Foto: YouTube)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Gelaran Dieng Culture Festival (DCF) XIII di Kabupaten Banjarnegara akan segera digelar pada 2-4 September besok. Namun tak lengkap rasanya jika mengunjungi kawasan Dataran Tinggi Dieng, tapi tidak mampir ke beberapa obyek wisata yang ada di kawasan negeri atas awan itu.

Di atas sana, terdapat banyak sekali objek wisata seperti gunung, bukit, kawah, candi, telaga dan lainnya.

Penasaran, ada wisata apa saja yang bisa dijelajahi di kawasan dataran tinggi Dieng tersebut? Berikut ulasannya dirangkum melalui Channel YouTube Sulis Purnawan.

Dieng sangat dikenal memiliki pemandangan alam yang eksotis. Namun, di satu tempat di kawasan Dieng, juga terdapat misteri Sumur Jalatunda. Sumur ini tepatnya berlokasi di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. 

Sumur Jalatunda merupakan sumur terbesar di dunia karena memiliki diameter sedalam kurang lebih 90 meter, sementara kedalaman sumur ini diperkirakan lebih dari 100-150 meter. Celah yang ada di sumur raksasa ini konon terbentuk akibat letusan dahsyat Gunung Prau Tua. Akibat letusan ini pula, muncul dataran tinggi Dieng.

Jika penasaran dengan sumur raksasa ini, Anda bisa menikmati kemegahan sumur ini dan masuk ke kawasan sumur. Wisatawan yang akan memasuki kawasan sumur raksasa ini harus melewati jalan menanjak.

Menurut pemilik Channel YouTube Sulis Purnawan, ketika menaiki jalan untuk singgah ke sumur tersebut, wisatawan akan mendengar suara gemericik air yang mengalir.

Air di dalam Sumur Jalatunda berwarna hijau dan dikelilingi perbukitan. Keunikan dari sumur ini adalah memiliki mitos yang masih dipercaya hingga kini, yaitu melempar batu di tebing sumur di seberangnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut