get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Kisah Unik Anak Rambut Gimbal Dieng, Berawal Demam hingga Minta Handphone

Jum'at, 02 September 2022 | 13:50 WIB
header img
Putri Ayu bersama ibunya memperlihatkan rambut gimbalnya. Rambut gimbal Putri akan dipotong saat Dieng Culture Festival 3 September besok. (Elis Novit)

Beragam upaya untuk mengembalikan kondisi rambut Putri sudah dilakukan dengan membawanya ke salon kecantikan untuk meluruskan rambut. Namun hasilnya rambut kembali menjadi gimbal.

“Waktu kecil setiap hari ada kayak ini (rambut gembel) langsung saya pilah ada lagi, tapi sakit-sakitan, panas terus. Kalau belum mandi disisirin pusing,” ujar Handayani, ibu dari Putri, Jumat (2/9/2022).

“Rambutnya pernah dilurusin, tapi setelah dua bulan lebih langsung nguwel-uwel (rambut gimbal), dilurusin mesti pusing,” katanya.

Ketika ditanyakan keinginannya, Putri Ayu mengungkapkan bahwa Putri meminta handphone saat menjalani ruwatan. “Rasanya gatel dan pusing. Besok waktu ruwatan (acara Dieng Culture Festival) saya mau minta HP,” ujarnya.

Memotong rambut anak gembel ini tak bisa dilakukan sembarangan. Rambut baru bisa di potong setelah menjalani sebuah ritual unik dan memenuhi permintaan anak-anak gembel. Permintaan mereka pun cukup unik dan lucu.

Pemotongan rambut gembel pun menjadi agenda tahunan dan sudah menjadi destinasi wisata budaya dalam Dieng Culture Festival.

Putri Ayu akan dipotong pada tanggal 3 September 2022 di pelataran Candi Dieng bersamaan dengan acara Dieng Culture Festival.

Anak-anak berambut gembel ini menjadi anak-anak istimewa di Dieng dan Banjarnegara, karena memiliki perilaku dan tingkah yang cukup unik.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut