get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Duh…Dieng Culture Festival 2023 tidak Digelar, Ada Apa?

Selasa, 20 Juni 2023 | 08:12 WIB
header img
Bocah bajang minta anak bebek dalam Prosesi pemotongan rambut gimbal dalam acara DCF 2022. (Ist)

BANJARNEGARA, iNewspurwokerto.id-Bagi yang sudah mengagendakan wisata ke Dieng tepat pada saat Dieng Culture Festival (DCF) 2023, harus mengubur keinginan. 

Pasalnya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Banjarnegara memastikan DCF yang sedianya digelar 25-27 Agustus 2023 ditiadakan. 

Kenapa? “Ada keputusan bahwa DCF 2023 ditiadakan dengan berbagai pertimbangan yang berkaitan dengan penataan Dieng. Penataan Dieng dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR),” ujar Pelaksana Tugas Kepala Bidang Kebudayaan Dinparbud Kabupaten Banjarnegara Yelly Harmoko pada Senin (19/6/2023).

Menurutnya, Pemdes Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara, berharap DCF 2023 tetap bisa dilaksanakan. Pelaksanannya berbarengan dengan kegiatan penataan Dieng sebagai proyek strategis nasional dari pemerintah pusat melalui KUPR.

Namun, dengan melihat kondisi dan perkiraan dari Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, pekerjaan penataan sudah dimulai pada bulan Agustus di tiga lokasi, yaitu Kompleks Candi Arjuna, Aswatama, dan Kawah Sikidang. Hal ini termasuk perbaikan jalan dari Aswatama ke Sikidang yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Banjarnegara," jelasnya.

Selanjutnya, tiga lokasi penataan tersebut merupakan titik sentral pelaksanaan DCF, yaitu pencukuran atau ruwatan anak berambut gimbal di Kompleks Candi Arjuna.

Selain itu, acara pendukung DCF berupa "Jazz di Atas Awan" diselenggarakan di Lapangan Pandawa yang dapat diakses melalui jalan dari Aswatama menuju Kawah Sikidang.

"Jadi, jika dipaksakan untuk diselenggarakan, sangat tidak mungkin," tegasnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut