get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Purbalingga Gandeng Pelaku Ekonomi Kreatif Siapkan Perda untuk Peningkatan Usaha

Inilah Kelas Angkutan Bus, Ada yang Seharga Naik Pesawat dengan Pelayanan Prima

Senin, 05 September 2022 | 10:07 WIB
header img
Ilustrasi model bus mewah terbaru di GIIAS 2022 (Foto: Tangguh Yudha)

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Hingga kini, angkutan bus masih menjadi pilihan bagi masyarakat di tanah air. Tidak hanya di Jawa saja, melainkan di seluruh wilayah Indonesia. Ternyata, bus memiliki kelas dalam layanan. 

Ada beragam layanan bus yang tersedia. Mulai dari kelas ekonomi, patas, eksekusif, super eksekusif hingga sleeper. Penumpang bisa memili sesuai dengan ketersediaan layanan bus di jalur tersebut. Bahkan, di kelas paling atas, harganya sama dengan naik pesawat.

Lalu, apa sebetulnya perbedaan kelas-kelas dalam bus. Tentu saja adalah pelayanan dan fasilitas yang membedakan. Berikut paparannya yang dikutip dari iNews.id :

1. Kelas Ekonomi 

Kelas ekonomi memberikan kualitas layanan paling rendah di antara kelas bus yang lainnya. Bus ekonomi sendiri terbagi lagi menjadi dua, yaitu ekonomi tanpa AC dan ekonomi AC.  

Bus kelas ekonomi melayani trayek jarak pendek atau sedang. Struktur kursinya 3-2, yakni tiga kursi di sebelah kanan dan dua kursi di sebelah kiri.  

Pembayaran tiket biasanya dilakukan di atas bus. Selain di terminal, mereka juga menarik dan menurunkan penumpang di jalan. 

Jangan heran, jika sedang ramai bus ini berjubel hingga berdiri. Tiket bus ekonomi harganya berkisar Rp 25.000- Rp200.000 tergantung jarak. 

2. Kelas Patas 

Bus Patas merupakan layanan bus yang kelasnya di atas ekonomi. Hampir semua bus patas sudah dilengkapi AC. Konfigurasi kursi biasanya 2-2, yakni dua di kiri dan 2 di kanan. Kelas bus patas jelas lebih nyaman karena tidak sesak jika dibandingkan dengan kelas ekonomi. Tiket bus patas harganya berkisar Rp50.000 - Rp300.000 tergantung jarak. 

3. Kelas Eksekusif 

Bus kelas eksekusif memberikan fasilitas yang lebih baik kalau dibandingkan dengan dua kelas bus sebelumnya. 

Para penumpang mendapatkan fasilitas AC, bantal, selimut, toilet, dan sebagainya. Konfigurasi kursi bus eksekutif biasanya mirip dengan patas, yaitu 2-2. 

Tetapi kapasitas penumpang lebih sedikit, ini karena jarak antar kursinya lebih lebar sehingga posisi duduk penumpang lega.  

Bus jenis ini tidak boleh menaikkan penumpang di jalan. penumpang bisa beli tiket secara online, naik bus di pool/agen atau terminal. Tiket bus eksekutif harganya berkisar Rp100.000 sampai Rp350.000 tergantung jarak. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut