get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Purbalingga Gandeng Pelaku Ekonomi Kreatif Siapkan Perda untuk Peningkatan Usaha

Inilah Kelas Angkutan Bus, Ada yang Seharga Naik Pesawat dengan Pelayanan Prima

Senin, 05 September 2022 | 10:07 WIB
header img
Ilustrasi model bus mewah terbaru di GIIAS 2022 (Foto: Tangguh Yudha)

4. Kelas Super Eksekusif 

Untuk bus kelas super eksekutif, pelayanan yang diberikan bus super eksekutif satu tingkat berada di atas kelas eksekusif. 

Mulai dari AC, kursi lebar, legrest, lampu baca, bantal, selimut, makan, snack, dan lain-lain. 

Konfigurasi kursinya biasanya 2-1, yakni dua di kanan dan satu di kiri. Konfigurasi ini membuat kursi bus super eksekutif lebih lebar ketimbang bus eksekutif. Kapasitas umumnya 21 kursi, namun ada juga yang hanya 18 kursi. Bus tersebut di antaranya memiliki layanan pramugari seperti PO Rosalia Indah. Tiket bus super eksekutif harganya berkisar Rp125.000 - Rp450.000 tergantung jarak. 

5. Kelas Sleeper 

Kelas sleeper bus posisinya berada di paling puncak dalam angkutan bus. Ini karena memang fasilitas yang ditawarkan bisa dibilang sangat mewah, mencakup AC, bantal, kasur, selimut, makanan, toilet, smoking area, TV, hingga pramugari. 

Kondisi bus sleeper memang memungkinkan para penumpang menikmati perjalanan dalam posisi rebahan. Sehingga tidak perlu khawatir badan pegal-pegal karena posisinya sangatlah nyaman. 

Sleeper bus memiliki konfigurasi kursi 1-1 dengan posisinya dibuat bertingkat. Ini agar kapasitas penumpangnya bisa dimaksimalkan hingga mampu memuat 22 penumpang  Tiket bus sleeper harganya berkisar Rp350.000 sampai Rp750.000 tergantung jarak dan fasilitas. Tetapi kalau fasilitasnya seperti di hotel, maka harga tiketnya dapat mencapai Rp1 juta.

Demikianlah kelas-kelas bus yang melayani transportasi di Indonesia. Bisa memilih kelas ekonomi, patas, eksekutif, super eksekutif hingga slepper. Tinggal menyesuaikan kebutuhan dan tentu saja kocek sendiri.
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut