get app
inews
Aa Read Next : Asosiasi Pengusaha Kapal Cilacap Dukung Penuh Kapolda Maju Calon Gubernur Jateng

ODGJ Butuh Dukungan Keluarga Agar Pulih

Kamis, 18 November 2021 | 20:23 WIB
header img
Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) membutuhkan dukungan keluarga terdekat dan harus mendapatkan penanganan agar pulih. (Foto:Humas Pemkab Purbalingga)

PURBALINGGA, iNews.id- Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) membutuhkan dukungan keluarga terdekat. ODGJ harus mendapatkan penanganan agar pulih kembali salah satunya dengan dukungan keluarga terdekat.

Hal tersebut disampaikan Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono saat menyampaikan paparan pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM), Kamis (18/11/2021) di Gedung Graha Adiguna komplek Pendapa Dipokusumo Purbalingga.

Hanung mengatakan, pengobatan atau penanganan medis memiliki waktu terbatas di RSJ (Rumah Sakit Jiwa) yaitu maksimal hanya tiga puluh lima hari sehingga selebihnya harus mendapatkan dukungan keluarga agar ODGJ bisa merasa tidak sendirian untuk menjalani ujian.

“ODGJ harus mendapatkan dukungan dari keluarga agar mereka pulih seperti sedia kala. Hal itu karena pengobatan medis RSJ maksimal hanya tiga puluh lima hari sehingga untuk pemulihan jelas membutuhkan dukungan keluarga,” katanya.

Hanung menyebutkan, ODGJ di Purbalingga berjumlah sekitar 1900-an dengan jumlah paling banyak berada di Kecamatan Kejobong dengan jumlah 199 (seratus sembilan puluh sembilan).  Kepada peserta Rakor yang terdiri dari berbagai unsur, Hanung meminta agar mereka bisa peduli terhadap lingkungan sekitar dan mengamati tanda-tanda awal ODGJ.

“Terbanyak dari Kejobong. Kami minta agar tim yang sudah mendapat SK bekerja dengan optimal. Amati sekitar kalau ada yang menunjukan ke arah ODGJ maka segera laporkan,” ujarnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut