get app
inews
Aa Read Next : Video Diduga Selingkuh, Puluhan Warga Cilongok Gruduk Balai Desa Tuntut Kades Mundur

Begini Aksi Sebar Duit, Mulai dari Balkon Rumah sampai Kantor Polisi

Jum'at, 19 November 2021 | 11:02 WIB
header img
Ilustrasi uang

JAKARTA, iNews.id – Ada-ada saja aksi yang dilakukan warga Indonesia dengan membagi-bagikan uang. Bukan hanya soal jumlah uangnya, tetapi cara membagikannya yang bikin geleng-geleng kepala. Misalnya saja dengan cara yang tak lazim dengan menyebarkannya di sembarang tempat. Berikut beberapa aksi warga sebar uang dan menjadi viral di media sosial yang dikutip dari MNC Portal Indonesia.

1.Pengusaha Tas Sebar Uang Ratusan Juta dari Balkon Rumah

Aksi perempuan pengusaha tas asal Malang, Jawa Timur, sempat viral di media sosial. Pasalnya, Mutoharoh (35) menyebarkan uang bonus karyawan dari balkon rumahnya di Desa Pakisjajar, Kecamatan Pakis. Jumlah uang yang disebar itu pun cukup fantastis. Dia mengaku, nilainya mencapai Rp 100 juta. "Itu memang bonus tahunan buat karyawan saya," ujar Mutoharoh, pada Minggu (9/5/2021). Selain menyebar uang, Mutoharoh juga membagikan parsel hari raya senilai 20 juta untuk setiap karyawannya yang berjumlah 70 orang.

2. Pengacara Sebar Uang Puluhan Juta di Kantor Polisi

Beredar video viral seorang advokat Nanang Slamet yang menghamburkan uang sebanyak Rp 40 juta di Mapolsek Banyuwangi, Jawa Timur. Kapolsek Kota Banyuwangi AKP Kusmin mengungkapkan bahwa aksi sebar uang itu hanyalah bagian dari proses komunikasi yang tidak mencapai titik temu (15/11/2021). Nanang mengatakan dia mendapatkan kuasa hukum dari kliennya untuk menyelesaikan kasus yang dialami kliennya. Namun, muncul intervensi yang terus berdatangan menimpa kliennya. Nanang menganggap pihak polisi Banyuwangi telah melakukan intervensi terhadap kliennya. Dalam video yang beredar, Nanang mengatakan bahwa dia adalah pengacara salah satu klien di Banyuwangi. Sebagai advokat dia merasa dijatuhkan marwahnya oleh aparat penegak hukum dalam hal ini Polsek Kota Banyuwangi. 

3. Hujan Uang saat Sedekah Bumi di Lamongan

Desa Dibee, Kecamatan Kalitengah, Kabupaten Lamongan mengadakan kegiatan sedekah bumi pada 16 September 2021 lalu. Kegiatan tersebut viral di Instagram lantaran panitia menyebar uang di jalan yang membuat warga beramai-ramai mengambilnya. Ads by Ads by Hal ini menuai pro kontra masyarakat. Sebagian warganet mengapresiasi aksi tersebut. Sementara lainnya berkomentar seraya mengingatkan larangan berkerumun di masa pandemi Covid-19.

4. Pengendara Mobil Sebar Uang di Tengah Jalan untuk Sumbang Masjid

Video pengendara mobil berdurasi 21 detik viral di media sosial lantaran menyebarkan uang di jalanan. Peristiwa itu terjadi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan pada 21 November 2020. Warga yang mengetahui aksi tersebut langsung memunguti uang yang berserakan. Sebagian warga menduga uang yang disebar ditujukan untuk sumbangan pembangunan masjid karena di lokasi tersebut memang tengah dilakukan pembangunan Masjid Al-Mukhlisin. Sontak hal itu menuai beragam komentar dan kritik dari warganet. Tak sedikit yang menanggapi aksi itu dengan komentar penuh kelakar dan tak sedikit pula yang ramai melontarkan kritiknya.

5. Menghamburkan Uang ke Jalan, Wanita Berhijab Malah Dirundung Netizen

Sebuah video menampilkan seorang wanita berhijab menghambur-hamburkan uang pecahan Rp100.000 dari dalam mobil hingga berserakan ke jalan viral di media sosial. Video yang berdurasi 1 menit itu diunggah di akun TikTok @lindamsi dan kemudian viral di Twitter. Sontak aksi wanita berhijab itu menuai kecaman dari warganet yang menilainya tak bermoral. Salah satu kecaman datang dari akun bernama @fahmi_bd, yang mempertanyakan apakah aksi perempuan dalam video tersebut termasuk melecehkan simbol negara. Akun @shevcomp juga menyebut perempuan itu seolah menghina mata uang resmi Indonesia.
 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut