get app
inews
Aa Read Next : Promo Berkah Ramadhan, Kuliah di UMP Dapat Diskon Biaya SPP dan Gratis Pendaftaran Pascasarjana

Belajar Sambil Bermain Wujudkan Merdeka Belajar Ala SD UMP

Selasa, 06 September 2022 | 15:30 WIB
header img
Siswa SD UMP mengerjakan soal dalam misi harta Karun belajar sambil bermain di lingkungan sekolah sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka belajar.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud RISTEK) telah mengeluarkan kebijakan terkait penerapan kurikulum merdeka belajar. Satu bentuk dari penerapan kurikulum merdeka belajar tersebut yakni dengan memanfaatkan berbagai alat peraga dalam pembelajaran seperti belajar sambil bermain.

Belajar sambil bermain ini diterapkan di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (SD UMP) dalam salah satu mata pelajaran di kelas 2. Guru SD UMP, Dindo Noto Sastro SPd mengatakan dalam kurikulum merdeka belajar ini siswa tidak hanya belajar di dalam kelas.

"Ada banyak hal yang bisa dieksplor untuk pembelajaran supaya lebih menyenangkan dan siswa lebih mudah memahami konsep-konsep yang dalam mata pelajaran tersebut," kata dia.

Dalam satu tema belajar di kelas 2, Dindo menerapkan belajar sambil bermain di luar kelas. Dengan konsep mencari harta karun, Dindo berhasil membuat siswa kelas 2 lebih menyukai belajar dan menyelesaikan masalah dengan lebih baik.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut