get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Pentas Kolaboratif Seni Bertajuk Metamorfosa Lengge, Jalan Panjang Seni Tari Lengger Banyumas

Jum'at, 19 November 2021 | 19:35 WIB
header img
Suasana latihan Metamorfosa Lengger (dok tim MTFL / Dian Aprilianingrum)

BANYUMAS, iNews.id - Gelaran pentas seni tari Lengger bertajuk "Metamorfosa Lengger" akan diadakan sebagai bentuk perjalanan panjang, proses pendokumentasian dan riset yang menandai kelahiran satu tahun Rumah Lengger. Pementasan kolaboratif itu akan diadakan secara daring melalui kanal YouTube "Rumah Lengger" dan luring secara terbatas di Gedung Pertunjukkan SMK negeri 3 Banyumas, Sabtu, 20 November 2021.

"Pertunjukan ini mengkolaborasikan empat bentuk kesenian mencakup koreografi, film, musik tradisi dan seni rupa. Untuk tari, koreografinya mengeksplorasi Lengger Barangan, Lengger Sintren, dan Calengsai (Calung Lengger Barongsai)," kata Rianto, koreografer tari "Metamorfosa Lengger, Jumat (19/11/2021).

Uniknya, kata seniman asli Desa Kaliori, Banyumas yang kisah hidupnya diangkat oleh sutradara Garin Nugroho, dalam film 'Kucumbu Tubuh Indahku' ini mengatakan jika pementasan tidak sekadar memadukan unsur budaya Jawa dan Tionghoa. Tapi juga berkolaborasi pemutaran film dan musik tradisi. Sedang seni rupa terintegrasi sebagai bagian dari panggung pementasan dan sarana pertunjukan tari.

Seniman Mural

Integrasi ini mengadopsi wayang beber yang digarap oleh seniman mural Adan Fajar serta karya instalasi Syaikhul Irfan dan perupa Mursalin.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut