get app
inews
Aa Read Next : Kilang Pertamina Cilacap Sukses Suplai Kebutuhan BBM Selama Cuti Lebaran 

Tangki BBM Kilang Pertamina Balongan yang Terbakar Hebat Berhasil Dipadamkan

Kamis, 08 September 2022 | 10:41 WIB
header img
Kilang Minyak Balongan Indramayu ( Foto : Dokumen iNews.id)

INDRAMAYU, iNewsPurwokerto.id - Tangki BBM kilang Pertamina Balongan yang terbakar hebat berhasil dipadamkan. Upaya pemadaman dilakukan secara intensif dengan menggunakan Fire Truck dan Sarfas pemadaman yang tersedia di IT Balongan pada pv valve yang terbakar.

Sedangkan untuk tangki di area sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran. Hingga saat ini Pertamina masih melakukan investigasi terkait penyebab terjadinya kebakaran pada pv valve area tangki BBM yang terdapat di Integrated Terminal Balongan.

"Api padam pada pukul 01.03 WIB dan dilanjuti dengan pendinginan pada tangki terdekat," ujar Eko Kristiawan Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat saat dikonfirmasi, Kamis (08/9/2022).

Eko mengatakan, tidak ada korban atas insiden tersebut. Pada pagi ini kondisi aman terkendali dan operasional penyaluran BBM di IT Balongan berjalan normal. Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan BBM masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan.

Kilang Pertamina RU VI Balongan yang berada di Kabupaten Indramayu beroperasi normal dan aman. Aktivitas pengolahan minyak mentah menjadi produk BBM maupun Non BBM bejalan lancar guna memenuhi kebutuhan energi dalam negeri khususnya untuk menyokong kebutuhan Ibu Kota dan Provinsi Jawa Barat.

Sementara menurut Area Manager Communication, Relation and CSR PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU VI Balongan Imam Rismanto mengatakan jika insiden tersebut terjadi pada salah satu fasilitas Pertamina di Balongan pada Rabu malam (7/9). 

Dia menyebut jika tangki BBM yang terbakar hebat itu bukan terjadi di Kilang Pertamina RU VI Balongan, melainkan pada fasilitas milik Integrated Interminal Balongan (IT Balongan) di bawah PT Pertamina Patra Niaga .

“Kilang RU VI saat ini kondisinya aman, beroperasi normal tanpa kendala, stok BBM juga aman untuk kebutuhan masyarakat,” ungkap 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut