get app
inews
Aa Read Next : Penerbit Amerta Media Dukung Deklarasi Anti Buku Bajakan

Resensi Buku: Pengembangan Atraksi Burung Pintar sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Unggulan

Jum'at, 09 September 2022 | 18:38 WIB
header img
Cover buku pengembangan atraksi burung pintar sebagai salah satu Destinasi Wisata Unggulan

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Resensi buku merupakan gambaran akan sebuah buku dari seorang pembaca. Seringkali, resensi buku ini sangat membantu pembaca lainnya. Sebab, dalam resensi buku tercantum kelebihan dan kekurangan buku yang sangat membantu calon pembaca lainnya.

Nah, berikut resensi buku Pengembangan Atraksi Burung Pintar sebagai Salah Satu Destinasi Wisata Unggulan karya Bansa Yosak Saroi AMdPar.

Sinopsis:

Pariwisata global telah mengalami ekspansi dan diversifikasi secara berkelanjutan, dan menjadi salah satu sektor ekonomi terbesar dan tercepat pertumbuhannya. Peningkatan jumlah destinasi dan investasi di bidang pariwisata, menjadikan pariwisata sebagai faktor kunci dalam pendapatan ekspor, penciptaan lapangan kerja, pengembangan usaha dan infrastruktur di dunia.

Meskipun krisis global terjadi beberapa kali, jumlah perjalanan wisatawan Internasional tetap menunjukkan pertumbuhan yang positif, diawali tahun 1950 jumlah wisatawan dunia sebanyak 25 juta orang, jumlah ini meningkat 278 juta orang pada tahun 1980.

Pada tahun 1995 jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipat yaitu sebesar 528 Juta orang, dan menjadi 1,1 miliar orang pada tahun 2014. Total wisatawan dunia pada tahun 2014 tersebut tumbuh 5% dibandingkan tahun sebelumnya. Lebih dari 300 juta (27,1%) masuk ke Asia Tenggara mencapai 96, 7 juta kunjungan wisatawan.

Pariwisata Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat, memiliki potensi besar untuk dikembangkan. namun potensi yang tinggi dan sanggat menjanjikan tersebut masih kurang akan hal dukungan, oleh kemudahan akses untuk mencapai lokasi atraksi wisata burung pintar, dimana jumlah dan frekuensi keberangkatan transportasi umum menuju atraksi wisata burung pintar sebagai salah satu daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat tersebut, masih rendah dan belum terdapat usaha optimal untuk melakukan agenda pengembangan atraksi wisata burung pintar, baik dalam hal sarana maupun prasarana.

Buku ini hadir untuk menjawab terkait dengan poin kunci, atas bagaimana faktor-faktor pendorong dan penghambat pengembangan atraksi wisata burung pintar sehingga dapat menjadi suatu daya tarik wisata unggulan, serta bagaimana sejatinya Strategi Pengembangan yang perlu dilakukan seluruh pihak menjadikan atraksi burung pintar sebagai wisata unggulan.

Dengan hadirnya buku ini ke hadapan pembaca, semoga dapat menjadi referensi penting dalam khasanah keilmuan pengembangan wisata, sekaligus menjadi bahan perenungan bagi pemerintah terkait, untuk lebih memperhatikan industri pariwisata sebagai salah satu prioritas pendapatan. Selamat membaca dan Tuhan Memberkati!

Resensi:

Bansa Yosak Saroi AMdPar ialah penulis dari buku Pengembangan Atraksi Burung Pintar sebagai salah satu Destinasi Wisata Unggulan di Kabupaten Arfak Provinsi Papua Barat yang mengungkapkan dengan kekayaan cagar alam pegunungan Arfak yang dimiliki dengan pemandangan keindahannya serta alam di Atraksi Burung Pintar. Hal tersebut menjadi pendorong untuk pengembangan Atraksi Wisata Burung Pintar supaya memberikan daya tarik tersendiri sehingga menarik minat turis untuk dikunjungi oleh wisatawan langsung ke lokasi Atraksi burung Pintar sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menopang Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pegunungan Arfak dalam pembangunan berkelanjutan.

Buku ini menyajikan berbagai literatur dan praktik kajian di lapangan atau aplikasi berkaitan dengan pengembangan dan perencanaan pariwisata berkelanjutan. Tulisan dalam buku ini merupakan hasil pemikiran dan kajian penulis terhadap kepariwisataan Provinsi Papua Barat dan Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Pegunungan Arfak sejak penulis datang berstudy di Manokwari pada Tahun 2009 yang lalu.

Buku ini juga bukan hanya sekadar menjelaskan pengembangan wisata burung pintar saja, melainkan buku ini juga menjelaskan faktor pendorong dan penghambat pengembangan atraksi wisata. Selain itu pula, buku ini menjekaskan analisis swot sebagai alat formulasi strategi Pengembangan Atraksi Burung Pintar dan hal-hal lain yang dapat kalian pelajari dari buku ini.

Kelebihan Buku:

Buku ini sangat membuka cakrawala pembaca untuk mengetahui begitu banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan, pengembangan pariwisata berkelanjutan. Sedangkan dari segi bahasa, penulis memakai gaya bahasa yang mudah untuk dipahami namun tetap menarik.

Kekurangan Buku:

Buku terlalu ringkas dan padat.

Identitas Buku

Judul : Pengembangan Atraksi Burung Pintar sebagai salah satu Destinasi wisata Unggulan di Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat

Penulis: Bansa Yosak Saroi AMdPar

Penerbit: Amerta Media

Editor : Alfiatin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut