Polisi Selidiki Penyebab Kecelakaan Beruntun Bus Pariwisata Tewaskan 6 Orang di Wonosobo

Didik Dono Hartono
.
Sabtu, 10 September 2022 | 11:22 WIB
Lokasi kecelakaan maut tewaskan enam orang di Jalan Wonosobo-Parakan Turut, simpang empat Pasar Kertek, Kabupaten Wonosobo, Sabtu (10/9/2022). Foto: iNews/Didik Dono Hartono.

WONOSOBO, iNewsPurwokerto.idKecelakaan beruntun melibatkan satu bus pariwisata dan empat kendaraan terjadi di turunan Pasar Kertek, Kabupaten Wonosobo. Penyebab kecelakaan maut yang menewaskan enam orang di Kabupaten Wonosobo saat ini masih dalam penyelidikan polisi.

"Sekitar pukul 02.00 WIB jalan dari arah Parakan ke Wonosobo, sebuah bus pariwisata menabrak beberapa kendaraan. Pertama L300, kemudian L300 kemudian Innova dan Grand Livina," kata Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Prasetyo di lokasi kejadian, Sabtu (10/9/2022). 

Akibat kecelakaan tersebut, lanjutnya, korban meninggal dunia enam orang, luka berat satu dan luka ringan satu orang. Polisi telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), mengamankan barang bukti, dan berkoordinasi dengan rumah sakit. 

Pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polda Jateng untuk olah TKP lanjutan. Selain itu juga berkoordinasi dengan Jasa Raharja terkait santunan kepada korban.


Suasana pasca-kecelakaan di Jalan Wonosobo-Parakan Turut, simpang empat Pasar Kertek Kabupaten Wonosobo, Sabtu (10/9/2022). Foto: iNews/Didik Dono Hartono.
 
Sebelumnya diberitakan kecelakaan menewaskan enam orang terjadi di Kabupaten Wonosobo, Sabtu (10/9/2022) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. 

Kendaraan yang terlibat kecelakaan di Jalan Wonosobo-Parakan Turut, simpang empat Pasar Kertek Kabupaten Wonosobo, yakni bus pariwisata N-7944-US, mobil pikap Mitsubishi L300 AA-8948-YF, mobil pikap Mitsubishi L300, mobil Toyota Kijang Innova, dan mobil Nissan Livina. 

Untuk identitas pengendara yakni, pengemudi bus pariwisata adalah Hardiyatna Adhita (34) warga Jalan Tanjungan 57 Desa Sumberkedawung Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Mitsubishi L300 AA-8948-YF adalah Untung (58) warga Ngadisuko, Sindupaten Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo,

Sedangkan pengemudi Mitsubishi L300 pikap yang nopolnya belum diketahui adalah Supono yang identitas lengkapnya juga belum diketahui. Demikian pula mobil Toyota Kijang Innova dan Nissan Livina nopol dan pemiliknya juga belum diketahui. 

Kronologi kecelakaan bermula ketika bus bernomor polisi N-7944-US yang membawa rombongan wisatawan yang berjumlah sekitar 39 orang dari Probolinggo, Jawa Timur dan hendak menuju ke Dieng.

Bus yang melaju dari arah Parakan menuju Wonosobo ini kemudian hilang kendali setibanya di simpang tiga Kertek yang memiliki kondisinya jalan dengan turunan tajam. Laju bus tidak terkendali dan menabrak sebuah mobil pikap dari arah berlawanan. 

Bus kemudian terus melaju hingga kurang lebi 2 kilometer hingga menabrak dua mobil minibus yang terparkir di pinggir jalan. Bus masih terus melaju dan menabrak sebuah pikap yang mengangkut rombongan pelaku seni yang selesai pentas di Wonosobo.

“Laju bus terhenti setelah menabrak sebuah tugu pertigaan Kertek,” kata salah satu warga di lokasi kejadian, Helmy Nur Matyas. 

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini