get app
inews
Aa Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Ajak Seluruh Guru Muhammadiyah Ikut Jamsostek Agar Terlindungi

Sambut Muktamar ke-48 Muhammadiyah, 20 Ribu Warga Banyumas Ikuti Jalan Sehat 

Minggu, 11 September 2022 | 16:10 WIB
header img
Ribuan warga mengikuti jalan sehat di Banyumas dalam rangka menyambut Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo. (Foto: iNewsPurwokerto)

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Sekitar 20 ribu warga yang berada di dua lokasi yakni Purwokerto dan Ajibarang mengikuti jalan sehat pada Minggu (11/9). Jalan sehat ini dalam rangka menyambut Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di Kota Solo pada 18-20 November 2022.

Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Banyumas Ibnu Hasan mmenjelaskan jalan sehat digelar serentak di seluruh wilayah Jawa Tengah untuk menyambut Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah di Solo. “Jalan sehat ini untuk menyambut muktamar ke-48,”ujarnya.

Jalan sehat juga bertujuan memperkokoh persaudaraan Muhammadiyah dengan seluruh elemen bangsa dalam rangka memajukan Indonesia. Hal itu sesuai dengan tema Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah yaitu Memajukan Bangsa Indonesia, Mencerahkan Semesta.

Peserta jalan sehat tidak hanya datang dari Muhammadiyah saja, melainkan juga   warga lainnya. “Kalau dihitung, mungkin 60% warga Muhammadiyah dan 40% warga lain,”jelasnya.

Terkait dengan Muktamar, Ibnu menjelaskan bahwa PDM Banyumas berharap Muhammadiyah tetap fokus pada program persyarikatan.

"Harapan seluruh warga dan pimpinan Muhammadiyah itu kadang-kadang tidak terfokus pada siapa yang mau memimpin karena kami kolektif kolegial,”jelasnya.

Pihaknya sudah mempersiapkan utusan muktamar mengingat PDM Banyumas merupakan pimpinan daerah terbesar di Indonesia karena memiliki 29 cabang dan 260 ranting. “Jumlah utusan PDM Banyumas yang akan menghadiri muktamar merupakan yang paling banyak. Ada 8 utusan untuk Muktamar Muhammadiyah dan 7 utusan untuk Muktamar Aisyiyah, Total ada 15 utusan,”katanya.

Soal pemilihan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah maupun Aisyiyah yang akan digelar di muktamar tersebut, Ibnu mengatakan hal itu akan dilakukan oleh tim formatur. "Uniknya di Muhammadiyah itu kalau muktamar, musyawarah wilayah, musyawarah daerah, tidak memilih orang. Kami memang memilih perwakilan jadi formatur,”jelasnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dr Jebul Suroso mengatakan pihaknya akan mendukung penuh acara Muktamar Ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

"Kami (UMP) juga telah menyiapkan dan sedia memfasilitasi dosen dan tenaga kependidikan untuk berangkat menuju lokasi muktamar di Solo,”jelas dia.

 

 

Editor : EldeJoyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut