get app
inews
Aa Read Next : Polda Jateng Turun Tangan Usut Kematian Tahanan Kasus Pencurian di Polresta Banyumas

Operasi Zebra Candi 2021, Wadirlantas: Tidak Ada Penilangan

Selasa, 23 November 2021 | 11:40 WIB
header img
Selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2021 Polisi tidak melakukan penilangan, tapi lebih mengedepankan edukasi persuasif dan humanis kepada masyarakat. (Foto : Dok Humas Polresta Banyumas).

PURWOKERTO, iNews.id - Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jateng AKBP Andhika Bayu Adhittama mengatakan jika selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2021 pihaknya tidak melakukan penegakan hukum seperti penilangan. Namun demikian sejak tanggal 15 hingga berakhir tanggal 28 November 2021, operasi lebih mengedepankan edukasi persuasif dan humanis.

"Jadi memang operasi khusus kali ini dimana situasi masih pandemi Covid-19, jadi dilaksanakan secara humanis dan persuasif serta mengedepankan edukasi. Jadi tidak ada tindakan penilangan atau penegakan hukum sama sekali, cukup ditegur secara lisan," ujar Wadirlantas Polda Jateng usai memimpin Apel Personel Operasi Zebra Candi 2021 di Mapolresta Banyumas, Selasa (23/11/2021).

Dia mengatakan jika selama 10 hari Operasi Zebra Candi, respon masyarakat di Kabupaten Banyumas cukup baik, dimana ketika satgas melaksanakan kegiatan di lapangan, masyarakat tidak mengindar. Sehingga upaya edukasi kepada masyarakat oleh seluruh anggota dilakukan dengan baik, seperti membagikan masker, kegiatan bakti sosial dan juga vaksinasi.

"Jadi untuk pertama kita sudah melihat selama 10 hari ini sudah berjalan dengan baik, dimana khusus kegiatan operasi zebra tahun 2021 ini kita tidak melakukan kegiatan penegakan hukum ataupun tilang, tetapi kita lebih mengedepankan edukasi, persuasif dan humanis terkait dengan kepatuhan dan ketertiban dalam berlalulintas serta pelaksanaan protokol kesehatan untuk masyarakat pengguna jalan," katanya.

Kemudian dia menjelaskan jika cara bertindak anggota Kepolisian selama dipelaksanaan operasi ini lebih menyasar pengguna jalan raya. Dimana saat razia, Polisi lebih khusus mengimbau pengendara agar lebih tertib dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19, termasuk vaksinasi di tempat.

"Cara bertindak Anggota selama di jalan seperti razia, tetapi hanya menanyakan kelengkapan khususnya terkait aplikasi PeduliLindungi dan protokol kesehatan serta vaksinasi. Ketika ada pengendara yang belum melaksanakan vaksinasi, oleh petugas langsung diarahkan untuk dilaksanakan vaksinasi di tempat," jelasnya.

Berdasarkan data dari Satgas Polresta Banyumas untuk kegiatan pembagian masker selama Operasi Zebra Candi selama 10 hari ini sudah sekitar 3.500 masker. Kemudian bakti sosial pembagian sembako sekitar 1.200 paket dan juga pelaksanaan vaksinasi di tempat sekitar 1.300 dosis.

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut