get app
inews
Aa Read Next : Napi Permisan Kabur Berhasil Ditangkap di Hutan Bakau Nusakambangan

Jaga Kelestarian Lingkungan, 3.000 Mangrove Ditanam di Perairan Sungai Cilacap

Jum'at, 16 September 2022 | 14:25 WIB
header img
Upaya menciptakan ekosistem di perairan sungai Bengawan Kalidonan, Cilacap, sebanyak 3.000 mangrove ditanam. Foto/ Istimewa

Dewi Hestyani, Community Relations Manager SBI Pabrik Cilacap mengatakan, untuk meningkatkan angka harapan hidup penanaman mangrove dilakukan dengan sistem clustering atau bergerombol, dengan menanam lima pohon mangrove dalam satu lubang tanam. 

Metode ini diharapkan dapat meningkatkan ketahanan, agar mangrove tidak terhempas oleh gelombang pasang surut pantai selatan yang cukup deras. Sedangkan lubang tanam dibuat sedalam 40 cm dengan jarak antar lubang sejauh 1,5 meter.

"Kami berharap dengan ketinggian pohon kurang lebih dari satu meter yang ditanam pada hari ini, membantu ketahanan mangrove untuk tetap tumbuh. Kami juga memberikan pelatihan cara menanam dan merawat mangrove kepada masyarakat yang akan terlibat oleh ahli mangrove, yang dilaksanakan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok Kelurahan Karangtalun sebelum pelaksanaan penananaman," ujar Dewi.

Untuk menjaga lingkungan demi kehidupan yang lebih baik, selain menanam pohon banyak hal lain yang bisa dilakukan seperti mengolah sampah rumah tangga untuk dijadikan bahan bakar alternatif. 

Hal ini telah dilakukan oleh Solusi Bangun Indonesia melalui pemanfaatan sampah kering sebagai bahan bakar pengganti batu bara. Upaya ini telah menghantarkan SBI memperoleh penghargaan 2nd Runner Up pada ASEAN Energy Award 2022 sebagai perusahaan besar yang telah menerapkan manajemen energi dalam proses kegiatan usahanya, Kamis 15 September 2022.   

 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut