get app
inews
Aa Read Next : Sosialisasikan Cyber Security, Direktur SDM dan Penunjang Bisnis PT KPI Kunjungi Kilang Cilacap

Lakukan 6 Tips Ini Untuk Melindungi Data Pribadi dari Hacker di Dunia Maya

Minggu, 18 September 2022 | 10:21 WIB
header img
Ilustrasi Pentingnya menjaga data pribadi di dunia maya. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsPurwokerto.id - Lakukan enam tips untuk melindungi data pribadi di dunia maya agar tak mudah dibobol hacker. Hal ini sangat penting diketahui, mengingat maraknya kebocoran data yang terjadi beberapa waktu belakangan.

Pentingnya menjaga data pribadi di dunia maya sangat penting bagi setiap orang. Pasalnya kerahasiaan data harus dijaga agar tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Insiden bocornya data pribadi masyarakat, serta jual beli data pribadi menjadi salah satu momok menakutkan. Salah satunya perihal kebocoran data registrasi kartu SIM sebanyak 1,3 miliar, kebocoran data tersebut meliputi tersebarnya NIK dan nomor telepon masyarakat.

Untuk mengantisipasi hal itu, ada enam tips melindungi data pribadi dari hacker di dunia maya yang dapat dilakukan, dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.

6 Tips Melindungi Data Pribadi dari Hacker di Dunia Maya

1. Perhatikan Aplikasi Pada Perangkat

Lakukan update aplikasi secara berkala untuk meningkatkan keamanan aplikasi di perangkat. Selain itu, hapus perangkat yang tidak terpakai di ponsel.

2. Tidak Mengunduh Sembarangan Aplikasi atau Mengklik Link Mencurigakan

Berhati-hatilah jika ada seseorang tidak dikenal mengirimkan link mencurigakan baik melalui email atau laman media sosialmu. Bisa jadi link tersebut merupakan link untuk menghack data pribadi.

Selain itu ada beberapa aplikasi berbahaya yang dapat membobol data pribadi. Hindari mengunduh sembarang aplikasi.

3. Buat Beberapa Alamat Email

Email sangat mudah untuk diserang hacker di dunia maya. Kebanyakan masyarakat hanya membuat satu email untuk seluruh kegiatannya di media sosial. Padahal hal tersebut sangat riskan.

Untuk Itu buat beberapa alamat email sesuai dengan kebutuhan. Misalnya alamat email untuk layanan transaksi bedakan dengan alamat email untuk media sosial dan lain sebagainya.

Editor : Arbi Anugrah

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut