get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Asik! Awal Desember 2021 Bus Trans Banyumas Mulai Dioperasikan, Gratis

Rabu, 24 November 2021 | 20:00 WIB
header img
Mulai awal Desember 2021, Pemerintah Kabupaten Banyumas, melalui Dinas Perhubungan akan mengoperasikan bus Trans Banyumas secara gratis. (Foto : Humas Pemkab Banyumas)

PURWOKERTO, iNews.id - Mulai awal Desember 2021, Pemerintah Kabupaten Banyumas, melalui Dinas Perhubungan akan mengoperasikan bus Trans Banyumas yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan melalui program buy the service (BTS). Pengoprasian bus Trans Banyumas, nantinya masih akan digratiskan hingga turun peraturan Menteri perhubungan terkait tarif.

"Jadi, bantuan yang diberikan kepada pemerintah daerah bukan anggaran, tapi dalam bentuk layanan kepada masyarakat, dan di Banyumas program BTS ini dinamakan Trans Banyumas. Terkait dengan tarif, untuk sementara gratis, karena hingga saat ini belum ada Peraturan Menteri Perhubungan mengenai tarif bus program BTS," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie, dalam rilisnya kepada wartawan, Rabu (24/11/2021).

Nantinya, masyarakat yang akan menggunakan layanan bus Trans Banyumas ini dapat terlebih dahulu mengunduh aplikasi 'Teman Bus' melalui smartphonenya. Hal tersebut untuk mengetahui rute, halte terdekat hingga jadwal kedatangan bus.

Peluncuran Trans Banyumas tersebut sempat direncanakan pada Juli 2021 lalu, namun ditunda hingga Desember 2021 karena lelang pengadaan bus mundur dari perencanaan. Untuk jumlah armada Trans Banyumas yang akan disiapkan sendiri sebanyak 52 unit, namun yang dioperasikan hanya 46 bus, sedangkan enam bus lainnya akan digunakan sebagai cadangan.

"Armada tersebut sementara ini hanya melayani tiga dari enam koridor yang direncanakan sebelumnya," ujarnya.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut