get app
inews
Aa Read Next : 96 Pemudik Asal Banyumas Ikut Program Balik Mudik Gratis ke Jakarta

Penyekatan di Banyumas Mulai, Ada Kendaraan Putar Balik dan Tes Antigen Acak

Minggu, 25 April 2021 | 16:04 WIB
header img
Petugas melakukan penyekatan di Posko Ajibarang. (Foto: Dishub Banyumas)

PURWOKERTO, iNews.id- Hati-hati bagi pemudik yang masuk Banyumas dengan menggunakan armada darat. Kendaraan dari arah tol yang keluar Brebes bakal diperiksa di Ajibarang. Sedangkan kendaraan dari arah Jawa Barat disekat di Wangon. Selain itu, ada titik lain untuk penyekatan yaitu di Tambak atau perbatasan Banyumas dengan Kebumen.

Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Banyumas Agus Noer Hadi menegaskan tim gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI, dan unsur pemda mulai melaksanakan penyekatan. Bahkan, sudah ada kendaraan yang diminta putar balik, karena tidak membawa hasil rapid tes antigen negatif. “Ada juga kendaraan yang tetap bisa lewat, namun para penumpangnya harus dites rapid antigen. Tesnya secara acak. Memang penyekatan sudah dimulai, meski nantinya semakin diperketat pada Mei mendatang,”kata Agus, Minggu (25/4/2021).

Agus menyatakan bahwa fokus penyekatan berada di Posko Ajibarang. Sebab, berdasarkan pemantauan babnyak pemudik yang melewati jalur Ajibarang. Biasanya, mereka keluar dari tol di Brebes, kemudian masuk ke Banyumas. “Penyekatan akan terus dilangsungkan. Bahkan, semakin ketat mendekati Lebaran,”tegasnya.

Sementara Kapolresta Banyumas Kombes Pol M Firman L Hakim mengatakan bawa antisipasi yang dilakukan adalah dari barat dan timur, namun tidak menutup kemungkinan dari timur ke barat. “Ini adalah upaya untuk melakukan pencegahan penularan covid-19, sehingga perlu mengantisipasi pergerakan pemudik yang curi start mendahului pulang kampung,”katanya.

Bupati Banyumas Achmad Husein menambahkan kalau saat sekarang, pemkab masih menggelar tes rapid antigen bagi mereka yang masuk ke Banyumas. Namun, nantinya akan semakin diperketat pada Mei. Sebab, kendaraan yang akan masuk ke Banyumas diminta untuk putar balik. “Toleransi dengan mengadakan tes rapid antigen hanya akan berlangsung hingga 5 Mei,”tandasnya.

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut