Logo Network
Network

Bikin Geli, Bisnis Dendeng Tokek di Banjarnegara Ternyata Raup Omzet Puluhan Juta

Elis Novit
.
Senin, 26 September 2022 | 10:23 WIB
Bikin Geli, Bisnis Dendeng Tokek di Banjarnegara Ternyata Raup Omzet Puluhan Juta
Omzet penjualan dari usaha dendeng tokek ini berkisar antara Rp8 juta hingga 10 juta dalam sebulan. Foto: Elis Novit.

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id - Bagi banyak orang, Tokek merupakan hewan yang cukup membuat geli, bahkan menakutkan. Bentuk tubuh binatang yang sejenis kadal yang banyak ditemukan di hutan maupun rumah-rumah ini tampak menyeramkan dengan kulit punggung yang ditutupi oleh sisik-sisik samar yang pastinya bikin merinding serta menciutkan nyali.

Namun tidak demikian halnya dengan Eko (40), warga Bawang Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Tokek yang ada ditangan Eko justru bisa mendulang rezeki hingga puluhan juta rupiah.

Ditangan Eko tersebut, ribuan tokek- tokek yang didapatkan dari para penangkar dan pemburu ini diolah menjadi dendeng tokek. Bisnis dendeng tokek ini sudah ditekuninya sejak 2014 lalu. 

Omzet penjualan dari usaha dendeng tokek ini berkisar antara Rp8 juta hingga 10 juta dalam sebulan. Setelah diolah, dendeng tokek ini sendiri nantinya akan di ekspor ke Tiongkok.

"Untuk pangsa pasar dendeng tokek ini adalah Tiongkok. Saya menyetorkan dendeng tokek jadi kepada pengepul dendeng yang selanjutnya akan di ekspor,” kata Eko, Minggu (25/9/2022). 

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini