get app
inews
Aa Read Next : Video 2 Motor Terlibat Kecelakaan hingga Terlindas Bus

Trans Jateng dan Trans Banyumas Akan Terintegrasi, Berapa Tarif yang Sesuai?

Minggu, 28 November 2021 | 20:03 WIB
header img
Bus Trans Banyumas . (Foto : Humas Pemkab Banyumas)

PURWOKERTO, iNews.id - Bus by The Service (BTS) atau Trans Banyumas rencananya akan mulai dioperasikan pada 5 Desember 2021. Untuk sementara bus Trans Banyumas akan digratiskan, tapi berapa kira kira tarif yang sesuai?

"Jadi ini mobilnya juga nyaman, sementara ini kita lagi mengurus untuk tarif. Tapi kalau ada tarif pun menurut saya sangat murah, antara Rp3000 sampai Rp4000," kata Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengunjungi Terminal tipe A Bulupitu Purwokerto, Minggu (28/11/2021).

Untuk memudahkan pelayanan, waktu tunggu antar bus nantinya juga diatur antara 10 – 15 menit. Sehingga calon penumpang ketika menunggu di shelter sudah mendapat informasi dan kepastian pemberangkatan bus berikutnya.

"Kalau 3 koridor, satu koridor highwaynya dipertahankan antara 10-15 menit, paling jauh 15 menit, tapi harapan saya 10 menit. Jado setiap 10 menit itu masyaralat menunggu di shelter sudah dapat informasi berikutnya tentang kendaraan yang dibelakangnya itu," ujarnya.

Selain itu, bukan hanya perbaikan dari sisi kendaraan saja, namun juga dari sisi ekosistemnya. Dimana nantinya setiap shelter yang dibangun akan dibuat informatif, salah satunya dengan aplikasi 'Teman Bus', jadi setiap calon penumpang bisa mendapat informasi melalui handphone masing- masing.

"Jadi artinya masyarakat nantinya akan dibuat nyaman, termasuk shelter kita bangun juga seperti yang sudah dibangun di Solo, dan nanti di masing masing shelter itu sangat informatif, masyarakat akan bisa mendapatkan informasi bus dengan aplikasi 'Teman Bus'," ujarnya.

Maka dia juga berharap kedepannya semua simpul transportasi yang ada di Kota Purwokerto dapat terintegrasi dengan bus Trans Jateng dan bus Trans Banyumas.

"Makanya semua simpul transportasi yang ada di Purwokerto, seperti Terminal Bulupitu, kemudian stasiun kereta api itu nanti akan terintegrasi. Bahkan saya sudah merencanakan sampai ke Bandara, tapi mungkin bertahap, sementara 3 koridor dulu," ujarnya

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut