get app
inews
Aa
Read Next : Lagi Rapat Anggota Parlemen Ukraina Ledakan 3 Granat Tangan, 26 Politikus Langsung Tumbang

Belanda dan Belgia Lolos 16 Besar, Ukraina Menang

Jum'at, 18 Juni 2021 | 06:05 WIB
header img
Timnas Belanda memastikan lolos ke 16 besar Euro 2020

AMSTERDAM, iNews.id – Timnas Belanda sukses menaklukkan Austria dalam matchday kedua Grup C Euro 2020. Bermain di Johann Cruyff Arena, Amsterdam, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB, Belanda menang 2-0 berkat gol Memphis Depay (11’) dan Denzem Dumfries (67’).

Kemenangan ini membawa Belanda melenggang ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Kini, mereka menempati posisi puncak klasemen sementara Grup C dengan enam poin, seperti dikutip dari MNC Portal Indonesia.

Duel sengit tersaji dalam pertemuan Belanda vs Austria. Kedua tim sudah saling jual beli serangan sejak awal pertandingan . Tetapi, Belanda mendapatkan kesempatan emasnya lebih dahulu.

Tepatnya di menit ke-11, wasit menghadiahi tuan rumah penalti. Hadiah ini diberikan lantaran David Alaba kedapatan melakukan tekel keras kepada Denzel Dumfries di kotak terlarang.

Wasit pun harus mengecek ulang VAR untuk memastikan pelanggaran ini. Memphis Depay yang ditunjuk sebagai algojo pun dapat menuntaskan pekerjaannya dengan baik. Belanda unggul 1-0!

Depay nyaris menggandakan keunggulan Der Oranje -julukan Timnas Belanda- di menit ke-24. Sayangnya, tendangan kerasnya dari sisi kiri gawang masih melebar.

Beberapa kali mendapat ancaman berarti dari Belanda, Austria tentunya tak tinggal diam. Mereka juga berusaha membangun serangan, meski tak ada yang bisa berbuah manis. Skor 1-0 untuk keunggulan Belanda pun bertahan hingga jeda turun minum.

Belanda terus melanjutkan kinerja impresifnya. Sejumlah peluang pun didapat untuk menambah keunggulanny. Salah satunya pada menit ke-61. Berawal dari tendangan sudut Depay yang disambut oleh Weghorst, tetapi Bachmann masih bisa menepisnya. Bola rebound kemudian disambut Matthijs De Ligt, tetapi sundulannya diblok Bachmann.

Selang tujuh menit kemudian, Austria harus menghadapi petaka besar. Belanda sukses menggetarkan gawang mereka kembali. Kali ini, gol dicetak oleh Denzel Dumfries lewat kerja sama baiknya dengan Donyell Malen. Belanda makin unggul dengan skor 2-0.

Austria pun mencoba mengejar ketertinggalannya. Di menit ke-80, Alaba mendapat peluang. Dia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Tetapi sayang, tendangannya masih melebar dari gawang tuan rumah yang dikawal Maarten Stekelenburg.

Skor 2-0 pun bertahan hingga akhir laga. Kemenangan ini membawa Belanda lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020. Armada Frank de Boer kini menempati posisi puncak klasemen sementara Grup C dengan enam poin.

Belanda menyusul Italia dari Grup A dan juga Belgia dari Grup B yang sudah memastikan lebih dahulu tempat di babak 16 besar. Belanda sendiri masih akan melakoni satu laga lagi di babak penyisihan grup C, dengan menghadapi Makedonia Utara pada 21 Juni 2021 malam WIB.

Selain Belanda, Belgia juga memastikan tempat di 16 besar uro 2020. Kepastian itu didapat usai Belgia menaklukkan Denmark dengan skor 2-1 di pada matchday kedua Grup B Piala Eropa 2020.

Bermain di Stadion Parkens, Denmark, Jumat (18/6/2021) dini hari WIB, Belgia sejatinya harus tertinggal lebih dahulu. Tetapi, mereka bisa mengejar di babak kedua lewat gol Thorgan Hazard (54’) dan Kevin de Bruyne (70’). Hasil ini membuat Belgia melenggang ke babak 16 besar karena kini sudah mengemas enam poin dan menempati puncak klasemen sementara Grup B.

Sementara Timnas Ukraina berhasil meraih poin pertama mereka di Piala Eropa 2020. Setelah takluk dari Belanda di partai perdana, pasukan Andriy Shevchenko sukses menumbangkan Makedonia Utara pada matchday kedua Grup C Piala Eropa 2020.

Bermain di Stadion Nasional, Kamis (17/6/2021) malam WIB, Ukraina menang tipis 2-1 berkat masing-masing gol Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk di babak pertama. Sementara Makedonia memperkecil kekalahan lewat aksi Ezgjan Alioski di babak kedua.

Hasil Pertandingan

Belanda vs Austria           2-0

Denmark vs Belgia          1-2

Ukraina vs Makedonia     2-1

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut