get app
inews
Aa Read Next : Gempa Magnitudo 7,9 Guncang Maluku, Sempat Ada Peringatan Tsunami

Gugur dalam Tugas, Pangkat Kabinda Papua Brigjen Danny Naik Jadi Mayjen Anumerta

Senin, 26 April 2021 | 06:43 WIB
header img
Brigjen I Gusti Putu Danny Nugraha Karya akan mendapat kenaikan pangkat menjadi Mayjen Anumerta (Foto: Raka Novianto/MPI)

JAKARTA, iNews.id - Pangkat Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen I Gusti Putu Danny Karya Nugraha akan dinaikkan menjadi Mayjen (Anumerta). Danny gugur ditembak kelompok kriminal bersenjata (KKB) di saat mengunjungi lokasi pembakaran bangunan SD dan rumah penduduk di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (25/4/2021).

Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto mengatakan rombongan Danny diadang kelompok bersenjata hingga terjadi kontak tembak.

"Kontak tembak tersebut terjadi akibat kelompok separatis dan teroris (KST) Papua melakukan pengadangan dan penyerangan terhadap rombongan Kabinda," kata Wawan, Senin (26/4/2021).

Dia melanjutkan, kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet dalam rangka mengobservasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan pascaaksi brutal KST Papua di wilayah tersebut.

Selain itu, lanjut Wawan, kunjungan pimpinan tertinggi BIN Papua juga sebagai upaya meningkatkan moril dan semangat masyarakat yang selama ini terganggu oleh kekejaman dan kebiadaban KST Papua.

Kronologi kejadian bermula saat patroli Satgas BIN bersama Satgas TNI/POLRI melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet. Sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI/Polri diadang KST Papua sehingga terjadi baku tembak di sekitar gereja Kampung Dambet.

"Akibat kontak tembak tersebut Kabinda Papua tertembak dan gugur sebagai pahlawan di lokasi kejadian," ungkap mantan pengamat intelijen dan terorisme itu.

Lebih lanjut Wawan mengatakan, jenazah Danny akan tiba di Jakarta Senin siang guna dikremasi dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata keesokan harinya. Pada saat itu juga akan disampaikan kenaikan pangkat secara anumerta menjadi Mayor Jenderal.

Bagi BIN, kata Wawan, Brigjen Danny dikenal sebagai sosok hangat dan berprestasi. Beliau memiliki karier cemerlang di kesatuannya dan pekerja keras. Selama bertugas, mendiang juga dekat dengan masyarakat.

Gugurnya Kabinda Papua, lanjut Wawan, merupakan bentuk nyata pengorbanan BIN dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

Insiden ini juga menjadi simbol pengabdian BIN dalam menjalankan undang-undang, yaitu sebagai lini terdepan dalam sistem keamanan nasional. Kejadian ini tidak akan menyurutkan mental dan moril insan intelijen maupun aparat keamanan lainnya dalam memberantas segala bentuk ancaman nasional.

"BIN terus meningkatkan deteksi dini dan cegah dini terhadap kelompok separatis dan teroris (KST) Papua yang selama ini meresahkan masyarakat. Kami mohon dukungan dan doa dari segenap rakyat Indonesia agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Editor : Anton Suhartono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut