get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Nikmati Manfaat PLTS Bantuan Ganjar, Ponpes di Banjar Hemat Rp20 Juta per Tahun

Rabu, 12 Oktober 2022 | 18:30 WIB
header img
Ilustrasi pembangkit listrik tenaga surya. (Foto : Aryo Rizqi/iNews.id)

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id- Pondok Pesantren Tanbihul Ghofilin Desa Mantrianom Kecamatan Bawang Banjarnegara telah merasakan manfaat Bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). 

Bantuan dari Gubernur Ganjar Pranowo ini dikerjakan sejak September 2022 lalu. Hasilnya, saat ini Ponpes yang diasuh KH M Hamzah Hasan sudah bisa menghemat sejumlah pengeluaran hingga 40 persen biaya listrik per bulan.

Ketua Ponpes Tanbihul Ghofilin, Ahmad Muhid Dwi mengatakan dari hasil tersebut, pihaknya bisa menyisihkan hingga Rp 20 juta per tahun. PLTS yang dipasang di struktur bangunan rooftop aliran listrik yang tinggi itu dapat menghasilkan daya 10.000 Kwh. Daya listrik yang dihasilkan kemudian digunakan untuk kebutuhan air bagi kegiatan para santri.

"Kami gunakan untuk penyaluran air, seperti pompa-pompa karena di sini banyak sumber air yang kita sedot ke atas untuk kebutuhan air bagi santri," katanya, Rabu (12/10/2022) seperti dilansir dari iNews.id.

Daya listrik ini lebih banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan air karena menurut dia, air ini sangat penting untuk menunjang kegiatan-kegiatan santri yang berjumlah 2.384 santri putra dan putri itu. Seperti untuk wudlu, mandi dan lain sebagainya.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut