get app
inews
Aa
Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Detik-detik Longsor Terjang Banjarnegara, Satu Tewas Dua Luka-luka

Kamis, 20 Oktober 2022 | 08:42 WIB
header img
Longsor yang terjadi di Banjarnegara mengakibatkan sejumlah rumah diterjang material. Dalam peristiwa tersebut, satu orang meninggal dan dua lainnya mengalami luka-luka. (Foto: Dok BPBD Banjarnegara)

BANJARNEGARA, iNewsPurwokerto.id - Longsor yang terjadi di Banjarnegara mengakibatkan sejumlah rumah diterjang material. Dalam peristiwa tersebut, satu orang meninggal dan dua lainnya mengalami luka-luka.

Korban meninggal adalah Mistem (55) yang berhasil dievakuasi pada Rabu tengah malam sekitar jam 23.15 WIB. Korban tertimbun bersama material longsoran yang menerjang rumahnya.

Sedangkan dua korban luka-luka adalah Trimo Budi Utomo (65) yang mengalami luka pada bagian kepala. Korban lainnya adalah Samini (75), luka cukup serius pada bagian kepalanya. 

Longsor terjadi di Dusun Guruh, Desa Sawangan, Kecamatan Punggelan, Banjarnegara pada Rabu (19/10/2022) petang. Bencana tersebut dipicu adanya hujan deras yang mengguyur lebih dari 6 jam.

Akibatnya, ada sejumlah rumah yang diterjang longsor. Material longsor tersebut menerjang beberapa rumah di Dusun Guruh, Desa Sawangan sehingga mengakibatkan rumah rusak berat dan rusak sedang.

Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto mengatakan begitu mendengar ada longsor di Punggelan, tim BPBD langsung meluncur ke lokasi. “Korban berhasil dievakuasi setelah beberapa jam dilakukan pencarian di lokasi kejadian,”katanya.

Selain itu, juga dikerahkan relawan untuk membantu evakuasi serta mengerahkan alat berat. Sehingga dengan menggunakan alat berat dapat mempercepat evakuasi korban yang tertimbun. 

Dia mengimbau kepada masyarakat Banjarnegara khususnya di wilayah rawan bencana baik longsor, tanah bergerak atau banjir. “Sebab, curah hujan masih tinggi, sehingga perlu meningkatkan kesiapsiagaan,”tegasnya. 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut