Longsor Banjarnegara, 5 Tertimbun, 4 Korban Tewas, 1 Luka-luka

Elde Joyosemito
.
Sabtu, 20 November 2021 | 06:02 WIB
Tim evakuasi dan alat berat dikerahkan untuk evakuasi korban. Sebanyak 4 orang meninggal dan satu luka-luka akibat bencana longsor tersebut. (Foto: BPBD Banjarnegara)

BANJARNEGARA, iNews.id – Korban longsor di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan, Banjarnegara pada Jumat (19/11/2021) malam sudah berhasil dievakuasi semua pada Sabtu (20/11/2021) dinihari. Longsor Banjarnegara terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah setempat.

Sebanyak 4 korban tewas akibat tertimbun tanah dan satu lainnya mengalami luka-luka. Empat korban tewas adalah Bunga Citra Ramadani (13), Alfino Sudarmaji (11), Andri Ferowati (42) seorang bidan desa. Setelah itu, korban terakhir yang berhasil dievakuasi adalah Partini (36). Sementara satu korban lainnya adalah Putri Olivia Sudarmadji (9) berhasil selamat, namun mengalami luka-luka.

Peristiwa longsor yang terjadi dipicu turunnya hujan deras di wilayah setempat. Tiba-tiba, tanah longsor menerjang dua rumah yang berada di RT 01 RW 01 di Desa Pagentan, Kecamatan Pagentan. Dua keluarga tersebut tertimbun longsor.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logsitik BPBD Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan bahwa pihaknya bersama unsur relawan lainnya langsung terjun ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi.

“Korban terakhir yang berhasil dievakuasi pada Sabtu jam 05.00 WIB. Secara total ada 4 korban meninggal dan telah berhasil dievakuasi semuanya dan satu lainnya mengalami luka-luka,”kata Andri dalam pernyataan tertulisnya.

Ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para relawan yang sejak semalam berjibaku untuk melakukan evakuasi para korban.

Sementara Koordinator Tagana Banjarnegara Marsino dalam laporannya menyebutkan para relawan bekerja sejak Jumat malam hingga Sabtu dinihari. Relawan dikerahkan dengan dibantu alat berat berhasil mengevakuasi warga yang tertimbun.

 

 

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News

Bagikan Artikel Ini