get app
inews
Aa Read Next : Polisi Bekuk 2 Pencuri Sepeda Motor di Banyumas

Polda Jateng Grebek Tiga Pabrik Oli Palsu, Omsetnya Hingga Puluhan Miliar 

Kamis, 20 Oktober 2022 | 16:14 WIB
header img
Polda Jateng menunjukkan barang bukti pengungkapan tindak pidana oli sepeda motor palsu, Kamis (20/10/2022). (Dok. Humas Polda Jateng)

SEMARANG, iNewsPurwokerto.id- Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng berhasil mengungkap tindak pidana pemalsuan oli sepeda motor. Pemalsu oli sepeda motor tersebut ada di tiga lokasi, yakni di Wonosalam Kabupaten Demak serta Semarang Timur dan Semarang Utara Kota Semarang.

Dalam kegiatan tersebut, polisi menangkap dua tersangka yakni AM (40) dan DKA (41). Dirreskrimsus Polda Jateng Kombes Pol Dwi Subagio dalam konferensi pers di salah satu TKP di Jl Kayumas Timur, Semarang Utara, Kamis (20/10/2022) menerangkan tersangka AM ditangkap karena menjual oli palsu kepada masyarakat. Dari penggalian informasi, diketahui ada tiga lokasi atau pabrik yang bisa membuat oli palsu. 

"Ada di Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak, di Kecamatan Semarang Timur dan di lokasi konferensi pers saat ini yaitu di Tanah Mas Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang," kata dia dalam rilis yang diterima iNewsPurwokerto.id.

"Semua produksi dikelola oleh tersangka DKA, jadi dia ditangkap karena memproduksi oli palsu," ujarnya.

Adapun materi yang digunakan untuk membuat oli palsu adalah bahan olahan yang ditambah zat adiktif dan zat pewarna kemudian dikemas untuk selanjutnya dipasarkan.

Berdasar laporan, kata Kombes Dwi Subagio, oli yang dipalsukan adalah merk AHM dan Yamalube. Adapun wilayah edarnya cukup masif dan luas di seluruh Indonesia terutama di Jawa Tengah dan Kalimantan.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut