get app
inews
Aa Read Next : Relawan Jokowi Dukung Petahana Arif Sugiyanto Maju Lagi dalam Pilkada Kebumen

Hari Santri, Bupati Kebumen Berikan Penghargaan

Minggu, 23 Oktober 2022 | 08:31 WIB
header img
Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren (ponpes) di Kebumen tumpah ruah mengikuti upacara Hari Santri 2022 yang berlangsung di Alun-alun Kebumen pada Sabtu (22/10/2022). (Foto: Dok Pemkab Kebumen)

KEBUMEN, iNewsPurwokerto.id - Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren (ponpes) di Kebumen tumpah ruah mengikuti upacara Hari Santri 2022 yang berlangsung di Alun-alun Kebumen pada Sabtu (22/10/2022).  

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh jajaran Forkompimda dan para alim ulama Kebumen. Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang bertindak sebagai Inspektur upacara menyampaikan pidato Peringatan Hari Santri dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Dijelaskan maksud dari tema Hari Santri tahun ini yakni  Menjaga Martabat Kemanusiaan.

"Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam sejarahnya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak," ujar Bupati membacakan sambutan Menag.

Dengan Resolusi Jihad yang digelorakan Kiai Hasyim Asy'ari membakar semangat para santri untuk berperang melawan Belanda. Pasca kemerdekaan Indonesia, santri lebih semangat lagi memenuhi panggilan Ibu Pertiwi. 

"Mereka tidak asyik dengan dirinya sendiri, tetapi terlibat secara aktif di dunia perpolitikan, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan, selain juga agama. Catatan-catatan tersebut menunjukkan bahwa santri dengan segala kemampuannya bisa menjadi apa saja,"tuturnya.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut