get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro Resmi Gantikan Husein-Sadewo, Ini Pesan Pj Gubernur Jateng

Pringati Hari Kesehatan Mental, Bupati Banyumas Harap Pasien Disabilitas Mental Kembali Mandiri

Senin, 24 Oktober 2022 | 19:18 WIB
header img
Bupati Banyumas mengunjungi penerima manfaat disabilitas mental di RSPDM Martani.

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id- Hari kesehatan mental diperingati setiap tanggal 10 Oktober. Dalam momen hari kesehatan mental tersebut, Bupati Banyumas beserta Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Banyumas Erna Husein memperingatinya dengan datang ke Rumah Pelayanan Sosial Disabilitas Mental Martini di Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap, Senin (24/10/2022).

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas, dr Arif Sugiyono mengatakan, di Kabupaten Banyumas ada sebanyak 2.768 orang dengan gangguan jiwa berat yang sudah terdata di Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas.

Dari data tersebut, menurut dia, ada sebanyak 28 orang yang sedang mengikuti rehab di RSPDM Martani. "Di RSPDM Martani sendiri saat ini ada 83 orang yang menjalani rehab, 28 orang di antaranya merupakan warga Banyumas," kata dia.

Ia berharap, dengan adanya pelayanan tersebut, ada sinergitas yang terbangun antar lembaga di antaranya OPD terkait, rumah sakit, masyarakat dalam penanganan ODGJ berat supaya lebih optimal. Terutama terkait dalam penanggulangan pamasungan, meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam upaya pinandakan dan kepedulian keluarga.

Sementara itu, Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan besar harapan penerima manfaat yang sedang menjalani rehab di RSPDM Martani dapat kembali sembuh dan bisa bersosialisasi dan bisa diterima oleh masyarakat.

‘’Nantinya setelah keluar dari sini, para penerima manfaat harap untuk selalu dipantau agar tidak kembali lagi dan didukung untuk kemandiriannya,’’ katanya.

Editor : Alfiatin

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut