get app
inews
Aa Read Next : Video 2 Motor Terlibat Kecelakaan hingga Terlindas Bus

Cara Bayar Teman Bus dan Daftar Tarif yang Mulai Berlaku 31 Oktober 2022

Jum'at, 28 Oktober 2022 | 10:39 WIB
header img
Cara Bayar Teman Bus dan Daftar Tarif yang Mulai Berlaku 31 Oktober 2022. Foto: Arbi Anugrah/ iNewsPurwokerto.id

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Terhitung mulai 31 Oktober 2022, salah satu penyedia jasa layanan aplikasi bus online milik pemerintah yakni Teman Bus akan mulai berbayar. Lantas berapa tarif dan cara bayar saat menggunakan jasa transportasi teman bus?

Direktur Trans Banyumas PT. Banyumas Raya, Ipung Marsikun mengatakan besaran tarif Teman Bus yang ditetapkan Kementerian Perhubungan untuk masing-masing Kota di Indonesia berbeda-beda.

"Baru berlaku nanti 31 Oktober 2022, karena selama ini gratis dari bulan Desember 2021. Jadi nanti tanggal 31 Oktober dari Kementerian Perhubungan itu sudah mulai diberlakukan sesuai dengan kota masing-masing," kata Ipung saat dihubungi iNewsPurwokerto.id beberapa waktu lalu.

Teman Bus sendiri merupakan implementasi dari program Buy the Service (BTS) dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk pengembangan angkutan umum di kawasan perkotaan berbasis jalan. Program angkutan umum perkotaan ini menggunakan teknologi telematika yang andal berbasis non tunai untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan serta kenyamanan mobilisasi penumpangnya.

Tujuan utama aplikasi ini adalah memberikan transportasi ekonomis, mudah, andal dan nyaman bagi masyarakat Indonesia. Selain itu, Teman Bus memiliki standar minimal yang ditetapkan oleh pemerintah.

Teman Bus sendiri berupa kendaraan bus sedang yang memiliki kapasitas 40 penumpang dengan 20 tempat duduk, sedangkan untuk bus besar memiliki kapasitas 60 penumpang dengan 30 tempat duduk. Teman Bus juga dilengkapi dengan CCTV dan sensor alarm pengemudi yang merupakan salah satu upaya untuk memberikan rasa aman bagi penumpang.

Teman Bus juga memberikan tarif yang sangat terjangkau. Selain itu, Teman Bus juga dilengkapi dengan aplikasi mobile untuk memudahkan penumpang untuk mendapatkan informasi rute, halte dan jadwal keberangkatan bus, sehingga diharapkan bisa menjadi angkutan dengan layanan terbaik di Indonesia.

Layanan subsidi Teman Bus berkonsep buy the service ini terdapat di berbagai kota di Indonesia. Diantaranya mulai dari Palembang, Solo, Denpasar, Yogyakarta, Medan, Bandung, Surabaya, Banjarmasin, Makassar, dan Banyumas.

Lantas bagaimana cara bayar dan daftar tarif saat menggunakan jasa transportasi teman bus? Dikutip iNewsPurwokerto.id Jumat (28/10/2022) dari laman resmi temanbus.com, berikut cara pembayaran teman bus.

Cara Bayar Teman Bus

Untuk pembayaran dalam Teman Bus perlu kalian ketahui karena tidak menggunakan uang tunai. Teman Bus hanya menerima pembayaran elektronik melalui kartu non-tunai.

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut