get app
inews
Aa Read Next : Pj Bupati Banyumas Hanung Cahyo Saputro Resmi Gantikan Husein-Sadewo, Ini Pesan Pj Gubernur Jateng

Saat Bupati Banyumas Ikut Menari Ebeg dalam Festival Kesenian Langka

Sabtu, 04 Desember 2021 | 19:24 WIB
header img
Bupati Banyumas Achmad Husein ikut menari Ebeg saat penganugerahan Festival Ebeg Kreatif dan Festival Kesenian Langka Sabtu, (4/12/2021). (Foto : Humas Pemkab Banyumas).

PURWOKERTO , iNews.id - Bupati Banyumas Achmad Husein ikut menari Ebeg saat penganugerahan Festival Ebeg Kreatif dan Festival Kesenian Langka Sabtu, (4/12/2021) di Gedung Soetedja Purwokerto. Festival sendiri dilaksanakan secara virtual melalui YouTube dengan tujuan sebagai apresiasi dan ikhtiar pelestarian seni tradisional Banyumasan.

Menurut Husein kegiatan ini merupakan kepedulian Pemkab Banyumas terhadap seniman tradisional yang saat ini secara ekonomi terpapar kondisi pandemi Covid-19. Bupati juga berharap agar seni budaya tidak punah harus bisa inovatif tanpa menghilangkan tradisi yang ada. Para seniman juga diminta tidak kaku pada pakem, namun juga disesuaikan dengan selera pasar.

"Saat ini para milinial suka yang praktis, sehingga para seniman harus tahu pasar. Karena kalo hanya berkutat pada pakem kemungkinan akan ditinggalkan. Tadi saya melihat penampilan Ebeg yang cukup inovatif, pemainnya begitu menghayati sehingga enak untuk disaksikan," kata Husein dalam rilis yang diterima.

Husein menambahkan adanya festival seni kreatif ini adalah inisiatifnya yang didasari pada keluhan para seniman khususnya Ebeg yang tidak bisa pentas selama hampir 2 tahun. Maka dia memerintahkan Dinporabudpar untuk menggelar kegiatan ini.

Usai memberikan sambutan Husein kemudian mengundang Pembina Pakumas Suherman, Kepala Dinporabudpar, pegiat seni Edi Romadon, Jarot Setyoko, dan undangan lainnya untuk naik panggung. Mereka didaulat untuk ikut menari Ebeg dengan dipandu oleh Pemain Ebeg dari kelompok Kidang Kencana Desa Karangtengah kecamatan Baturraden.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani mengatakan bahwa festival Ebeg diikuti sebanyak 66 kelompok seni, sedangkan kesenian langka diikuti sebanyak 15 kelompok. Kegiatan ini digelar bekerja sama dengan Dewan Kesenian Kabupaten Banyumas (DKKB) dan Paguyuban Ebeg Banyumas (Pakumas).

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut