get app
inews
Aa Read Next : Menikmati Tempe Mendoan untuk Takjil Buka Puasa Ramadhan, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Asik! Hari Ini Trans Banyumas Resmi Beroperasi

Minggu, 05 Desember 2021 | 14:35 WIB
header img
Layanan Bus Buy The Service (BTS) atau Bus Trans Banyumas akhirnya resmi dilaunching, Minggu (5/12/2021) di alun-alun Purwokerto. (Foto: Aryo Rizqi/iNews.id).

PURWOKERTO, iNews.id - Layanan Bus Buy The Service (BTS) atau Bus Trans Banyumas akhirnya resmi dilaunching, Minggu (5/12/2021) di alun-alun Purwokerto. Trans Banyumas resmi dilauncing oleh Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi dan Bupati Banyumas, Achmad Husein. 

"Kita harapkan masyarakat segera meninggalkan kendaraan pribadinya, karena kalau meninggalkan kendaraan pribadinya untuk shifting (beralih), yang terjadi banyak nilai manfaat yang kita rasakan, tidak untuk sekarang, tapi untuk masa depan terutama kita mampu mereduksi polusi udara, kemudian kemacetan dan ekonomi," kata Budi kepada wartawan disela sela launching BTS di alun-alun Kota Purwokerto.

Untuk tarif bus Trans Banyumas yang saat ini masih di gratiskan tersebut, pihaknya mengatakan jika regulasi tarif melalui peraturan menteri masih dalam pembahasan. Namun demikian, dalam waktu dekat, tarif bus Trans Banyumas akan dikeluarkan dengan harga yang sangat murah.

"Mudah mudahan tahun 2022 awal ini sudah selesai, artinya nanti tarifnya akan diberlakukan, tapi murah, karena sebagian subsidi dari pemerintah. Tarifnya Rp 2.000 rupiah untuk mahasiswa dan pelajar, kemudian masyarakat umum Rp 3.500," ucapnya.

Banyumas menjadi satu-satunya Kota Kabupaten di Indonesia yang menyediakan bus BTS. Layanan serupa telah diluncurkan di enam kota besar yaitu Palembang, Solo, Bali, Yogyakarta, Medan dan Makassar. 

Editor : Aryo Arbi

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut