get app
inews
Aa
Read Next : BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto Gelar Sapa Pagi pada Peserta Pengajuan Klaim

5 Fakta Unik Bunga Tabebuya yang Kembali Warnai Jalanan di Purwokerto

Senin, 21 Juni 2021 | 11:59 WIB
header img
Bunga Tabebuya yang tumbuh di sepanjang Jalan Jenderal Soedirman Purwokerto, kembali bermekaran. (Instagram @instapurwokerto)

PURWOKERTO, iNews.id - Sempat viral beberapa waktu lalu, bunga tabebuya yang tumbuh di sepanjang jalan Jenderal Soedirman kembali bermekaran. Momen ini dibagikan melalui salah satu postingan di akun instagram @instapurwokerto.

Dalam video terlihat Jalan Jenderal Soedirman Purwokerto, mulai terlihat rindang dan indah karena bunga tabebuya yang bermekaran. Bunga tabebuya yang bermekaran ini sekilas mirip dengan bunga sakura, sehingga kadang disebut sebagai “Sakuranya Purwokerto”.

Amerika Selatan
Dikutip dari okezone.com, bunga tabebuya ini berasal dari Brasil, Amerika Selatan.  Berasal dari negara dengan iklim tropis membuat bunga tabebuya mampu mekar dengan indah di Purwokerto yang berada pada iklim tropis. 

Berbeda dengan Bunga Sakura
Tabebuya ini sering disebut bunga sakura juga. Alasannya karena bunga tabebuya ketika bermekaran dalam jumlah besar lebih dominan daripada jumlah daunnya. Meskipun demikian keduanya merupakan tanaman yang berbeda.

Bunga tabebuya merupakan jenis tanaman yang termasuk dalam Suku Bignoniaceae. Tanaman ini mampu tumbuh menjadi pohon besar apabila dibiarkan tumbuh selama puluhan tahun. 

Bunga Tabebuya berbentuk terompet dengan panjang 3 –11 sentimeter, sehingga dimasukkan ke dalam Bignoniaceae. Sementara bunga Sakura (Prunus serrulata) atau disebut cherry blossom yang mahkota bunganya berlepasan. Sakura termasuk Suku Rosaceae (Mawar-mawaran), yang tidak berbentuk terompet.

Bunga tabebuya mekar sepanjang tahun dan mencapai puncaknya pada musik kemarai. Sementara bunga sakura hanya mekar pada saat musim semi setahun sekali. 

Banyak Jenis dan Warna
Genus Tabebua memiliki 74 spesies yang sudah diakui keberadaannya. Spesies tersebut antara lain Tabebuia Aurea, yang bunganya berwarna kuning, Tabebuia Rosea dengan bunga berwarna pink, Tabebuia Pallida dengan bunga berwarna putih atau pink muda, serta ragam Tabebuya lainnya.

Kelebihan 
Bunga tabebuya memiliki kelebihan dibandingkan bunga sakura. Pertama, daunnya tidak mudah rontok. Pada saat musim berbunga, bunga tabebuya terlihat sangat indah dan lebat, akarnya tidak merusak rumah atau tembok walau berdekatan dengan bangunan. Selain itu, tanaman ini cocok ditanam sebagai tanaman peneduh jalan.

Punya Banyak Nama
Bunga tabebuya memiliki banyak nama karena banyak tumbuh di negara tropis. Masyarakat Purwokerto menyebutnya Sakuranya Purwokerto. Surabaya beda lagi. Bunga ini memiliki sebutan pohon terompet merah muda di daerah ini karena bentuknya yang menyerupai terompet. 

Jenis tabebuya lainnya ada yang disebut kayu putih, cedar putih, manjack merah muda dan tecoma. 

Unggahan bunga tabebuya ini, ramai dikomentari netizen. Akun @viga*** mengomentari, “Jadi tambah kangen purwokerto”. Akun @lee*** menuliskan “purwokerto ngangenin”. Sementara akun @dealer*** mengatakan “segereee”.

 

 

 

Editor : Franky S

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut