get app
inews
Aa Read Next : Jadwal Buka Puasa Hari Ini Purwokerto Minggu 7 April 2024

Banjir dan Longsor Landa Kebumen, Bupati: Aktifkan Destana

Selasa, 08 November 2022 | 07:56 WIB
header img
Beberapa wilayah di Kabupaten Kebumen tengah dilanda banjir dan longsor, mengingat intensitas hujan yang begitu deras dalam beberapa hari terakhir. (Foto: Dok Pemkab)

Hal ini juga dianggap perlu agar, desa tidak terpaku pada anggaran dari BPBD saja. Meski begitu, Bupati pun memastikan bahwa dalam penanganan bencana ini, pemerintah sudah memberikan bantuan, baik sembako, dan alat berat untuk membersihkan material di beberapa lokasi. Termasuk bakal membuat embung di sejumlah lokasi rawan banjir.

Diketahui, berdasarkan data BPBD per 6 November banjir di Kebumen melanda 16 desa di 5 kecamatan, kemudian longsor ada di 12 desa di 4 kecamatan, dan bencana angin puting beliung ada di 1 desa dan 1 kecamatan.

Banjir misalnya terjadi di Desa Ayah, Argopeni, Pasir, Mangunweni, Kecamatan Ayah, Lalu beberapa desa di Kecamatan Buayan, Kutowinangun, Buluspesantren, Padureso, dan juga Petanahan. Demikian juga longsor juga banyak terjadi di sejumlah desa di Kecamatan Ayah, Sadang, dan Poncowarno.

Bupati mengungkapkan ketinggian banjir rata-rata 10 - 20 cm, dan beberapa lokasi di antaranya ada yang sudah surut. Begitu juga longsor sebagian ada yang menimpa rumah warga, sebagian hanya menutup jalan, sehingga menutup akses transportasi masyarakat, seperti longsor di akses jalan TPI Menganti.

Editor : Elde Joyosemito

Follow Berita iNews Purwokerto di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut